London (ANTARA News) - Hasil penghitungan suara di TPSLN Beograd, Republik Serbia, yang dilakukan Rabu, di Ruang Serbaguna KBRI Beograd, dimenangi secara telak oleh pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla, dengan perolehan 55 suara (82,1 persen) dari 67 surat suara sah.

Sementara itu, pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa memperoleh 12 suara atau 17,9 persen, demikian Pelaksana Fungsi Protokol-Pensosbud Kedutaan Besar Republik Indonesia Beograd, Khotijahtus Sadiyah kepada Antara London, Rabu.

Acara penghitungan suara ini dihadiri Dubes RI untuk Serbia, Semuel Samson, dan seluruh Staf KBRI Beograd, serta WNI yang berdomisili di Beograd, Serbia, dalam suasana hangat dan kekeluargaan. Penghitungan suara di Beograd dan di Perwakilan RI di luar negeri lainnya bersamaan waktunya dengan pelaksanaan pemilihan umum secara nasional di Tanah Air.

Sementara itu, pelaksanaan pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI 2014 telah dilaksanakan pada hari Sabtu (5/7) untuk dapat mengakomodir seluruh WNI di Serbia menggunakan hak pilihnya di TPSLN Beograd karena merupakan hari libur bagi pekerja di Serbia.

Pelaksanaan Pemungutan Suara Pemillu Presiden dan Wakil Presiden RI diikuti oleh 67 orang, yang terdiri atas 33 pemilih laki-laki dan 34 pemilih perempuan, dengan jumlah surat suara yang diterima dari KPU Pusat adalah berjumlah 67 surat suara. Dengan demikian, tingkat partisipasi WNI di Serbia pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden kali ini mencapai 100 persen.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014