Prabowo-Hatta meraih 73,8 persen atau 268 dari total 363 suara sah, dan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla kebagian 95 suara
Kairo (ANTARA News) - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa unggul di panitia pemilihan luar negeri (PPLN) di KBRI Khartoum, Sudan.

"Prabowo-Hatta meraih 73,8 persen atau 268 dari total 363 suara sah, dan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla kebagian 95 suara," kata Ketua PPLN Sudan, Suaib Tahir, kepada ANTARA, Kamis.

Menurut Suib, jumlah keseluruhan suara 369, yakni 361 suara lewat pencoblosan di tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN) di KBRI Khartoum, dan delapan suara lewat pos bagi pemilih yang berdomisili di daerah jauh dari Khartoum.

Jumlah suara dalam pilpres ini lebih sedikit dibanding pemilihan legislatif pada April silam tercatat 411 suara.

Penyebab kerkurangnya pemilih pilpres itu, antara lain karena cuaca sangat panas di bulan Ramadhan, dan beberapa pemilih lainnya tidak bisa meninggalkan tugas kerja, serta sekitar 80 orang telah kembali ke Indonesia.

Pecoblosan di PPLN Sudan dilangsungkan pada 4 Juli 2014 mulai pukul 15.00 hingga 23.00 waktu setempat, namun penghitungan suara dilakukan pada 9 Juli bersamaan dengan proses pemilihan di Tanah Air.

Duta Besar RI untuk Sudan, Burhanuddin Badruzzaman, menyampaikan terima kasih kepada panitia pilpres atas kerja sehingga pilpres terselenggara dengan lancar dan aman.

Dubes Burhanuddin juga mengapresiasi semua WNI di Negeri Arab-Afrika itu yang antusias dalam menggunakan hak konstitusional mereka untuk memilih presiden Republik Indonesia. 
(M043)

Pewarta: Munawar Saman Makyanie
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014