Kuala Lumpur (ANTARA News) - Seorang legislator Malaysia meminta maaf atas cuitan memuji Adolf Hitler menyusul kemenangan besar Jerman dari Brasil, setelah Perdana Menteri Najib Razak menegurnya atas pernyataan tak berterima itu.

Bung Mokhtar Radin, politisi UMNO pimpinan Najib, menyelamati Jerman dengan memposting pesan lewat Twitter, "Selamat... Bravo...Hidup Hitler".

Najib mengecam komentara Bung Mokhtar ini dengan menyebutnya "tak bisa diterima dan salah" dalam pernyataan yang dikeluarkan kantornya hari ini, dan menuntut sang politisi untuk mencabutnya.

"Dia tidak berbicara atas nama Malaysia, atau atas nama orang Malaysia biasa, yang memahami tragedi Eropa di masa silam, hormati kesatuan modernnya," kata Najib.

"Ini semestinya masa selebrasi untuk Jerman," sambung dia, sembari mendoakan Jerman mendapatkan yang terabik pada final melawan Argentina Minggu nanti.

Bung Mokhtar sendiri mencuit permohonan maaf setelah sempat membela diri dari kritik terhadap cuitan pertamanya itu.

"Manakala Jerman memukul Brasil, saya tak berniat mengatakan hal yang melukai perasaan rakyat Jerman. MOHON MAAF SETULUSNYA. HIDUPLAH BUNG.." tulis dia.

Sebelumnya Duta Besar Jerman di Malaysia menolak "pengumpaan yang tak bisa diterima kepada rezim fasis Adolf Hitler" yang menjerumuskan Jerman ke dalam Perang Dunia Kedua.

Di masa lalu Bung Mokhtar juga kerap mengundang kecaman atas pernyataannya yang ofensif dan tidak sensitif.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014