Makassar (ANTARA News) - Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (RPH) Makassar, Sulawesi Selatan, menyediakan daging sapi rata-rata 35 ton per hari untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan 1435 Hijriah.

"Dengan penyediaan daging sapi sebanyak itu diharapkan kebutuhan masyarakat sepanjang Ramadhan yang meningkat sekitar 35-45 persen, dapat terpenuhi," kata Direktur Umum RPH Makassar, Ilyas Ali Arief di Makassar, Kamis.

Menurut dia, dengan adanya persediaan daging sapi sebanyak 35 ton per hari, maka dijamin kebutuhan konsumsi selama Ramadhan tidak ada masalah.

Berkaitan dengan hal itu, lanjut dia, harga daging sapi dapat stabil dan tidak akan ada gejolak atau lonjakan harga yang berlebihan.

"Dalam kondisi normal, kebutuhan daging sapi hanya rata-rata 15 ton, sementara saat ini dapat mencapai 35 ton daging sapi," kata Ilyas.

Dia mengatakan stok daging yang dihasilkan RPH Makassar per hari hanya sekitar 10 ton, sementara kebutuhan masyarakat sebanyak 15 ton per hari.

Untuk mencukupi kebutuhan tersebut, Pemerintah Kota Makassar mendatangkan daging sapi dari daerah lain yang ada di Sulsel misalnya dari Tana Tojana atau daerah tetangga, sehingga kebutuhan daging lokal di Makassar dapat terpenuhi.

"Agar kualitas daging terjaga, kami telah melakukan pemeriksaaan medis terhadap sapi yang masuk ke Makassar," katanya seraya mengimbuhkan bahwa selain pemeriksaan medis, sapi tersebut diinapkan dan diistirahatkan selama 12 jam sebelum dipotong.

(S036/A039)

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014