...bagaimana membuat laporan untuk radio atau televisi. Juga ada panduan praktis untuk para wartawan agar menghasilkan berita-berita yang berkualitas di bawah tekanan tenggat."
London (ANTARA News) - Stasiun Radio BBC London meluncurkan situs Sekolah Jurnalistik berbahasa Indonesia bersamaan dengan peluncuran situs serupa untuk bahasa Prancis, Hindi, dan Turki, Kamis.

Editor Sekolah Jurnalistik BBC edisi internasional, Najiba Kasraee, menjelaskan situs Sekolah Jurnalistik ini mencakup tiga hal utama, nilai-nilai jurnalisme BBC, praktik jurnalistik yang terkait dengan pemakaian bahasa Indonesia, dan kompetensi jurnalistik.

"Melalui sekolah ini kami ingin menyediakan berbagai informasi, baik dalam bentuk tulisan maupun video, kepada para wartawan berbahasa Indonesia di seluruh dunia untuk mengetahui lebih jauh soal imparsialitas, akurasi, independensi, kepentingan publik, akuntabilitas, dan aspek-aspek hukum," kata Kasraee.

"Misalnya bagaimana membuat laporan untuk radio atau televisi. Juga ada panduan praktis untuk para wartawan agar menghasilkan berita-berita yang berkualitas di bawah tekanan tenggat," tambahnya.

Kasraee juga menjelaskan bahwa melalui situs Sekolah Jurnalistik ini, BBC ingin berbagi sumber daya BBC yang sangat berharga kepada para wartawan di seluruh dunia.

Mohamad Susilo, wartawan BBC Indonesia yang menangani situs edisi bahasa Indonesia kepada Antara London, Kamis mengatakan wartawan Indonesia sering bertanya tentang imparsialitas BBC dan menanyakan bagaimana bisa imparsial dalam situasi dewasa ini.

Susilo mengatakan bahwa pertanyaan ini bisa dipahami karena di era media yang beroperasi penuh selama 24 jam, ditambah dengan persaingan yang ketat, kian sulit menyediakan berita-berita yang selalu akurat dan pada saat yang menjadi yang terdepan di pasar.

"Situs ini menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut selain juga bisa dipakai sebagai sumber informasi bagi siapa pun yang tertarik dengan jurnalisme," kata Mohamad Susilo.

Selain menyediakan layanan berbahasa Indonesia, situs Sekolah Jurnalistik BBC juga tersedia dalam 14 bahasa lain, termasuk bahasa Arab, Mandarin, Urdu, Vietnam, dan Persia. Sekolah Jurnalistik BBC juga tersedia dalam bahasa Inggris. (ZG)

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014