Depok (ANTARA News) - Universitas Indonesia (UI) memulai proses pemilihan rektor untuk periode 2014-2019 dengan rencana pengumuman pemenangnya pada November 2014.

"Majelis Wali Amanat UI (MWA UI), berdasarkan PP 68/2013, menetapkan SK MWA tentang Tata Tertib Pemilihan Rektor UI yang dapat diakses di www.ui.ac.id," kata Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko di Depok, Jumat.

Ia mengatakan dengan disahkannya tata tertib tersebut, maka proses pemilihan Rektor UI resmi dimulai.

Pemilihan Rektor dilaksanakan secara efektif dan efisien berdasarkan asas profesional, non diskrimatif, akuntabel, dan transparan.

Farida mengatakan sesuai PP 68/2013 yang diturunkan dalam SK MWA tentang Tata Tertib Pemilihan Rektor UI, MWA akan membentuk Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR) yang diawali dengan rekrutmen secara terbuka dan proaktif pada 11 Juli-21 Juli 2014.

Dia mengatakan P3CR akan bekerja selama tiga bulan untuk melakukan proses penjaringan calon rektor secara terbuka dan proaktif selama satu bulan sejak Agustus hingga September 2014.

"P3CR melakukan penjaringan untuk menetapkan 25 calon rektor terjaring," katanya.

Selanjutnya dilakukan penyaringan hingga diperoleh tujuh calon rektor tersaring, yang diserahkan kepada MWA dan selanjutnya MWA akan menetapkan rektor terpilih.

Untuk itu, kata dia, Pansus Pemilihan Rektor UI membuka kesempatan bagi civitas akademika UI dan masyarakat luas untuk mencalonkan diri menjadi P3CR.

Syarat untuk menjadi anggota P3CR, katanya, berintegritas, profesional, tidak memiliki konflik kepentingan, tidak berafiliasi dengan partai politik, memiliki jejaring yang luas, dan berkomitmen untuk kepentingan UI.

Anggota P3CR disyaratkan memiliki kompetensi dalam pengelolaan universitas untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, yang mencakup manajemen pendidikan tinggi,

manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, kewirausahaan, dan tata kelola.

"Anggota P3CR bersedia untuk tidak menduduki jabatan struktural eksekutif di UI untuk periode lima tahun ke depan," ujarnya.

P3CR beranggotakan 13 orang yang terdiri atas tujuh dosen (guru besar dan non-guru besar), satu alumni dan satu wakil masyarakat yang mempunyai keahlian dan berpengalaman dalam rekrutmen pimpinan suatu organisasi, satu mahasiswa pascasarjana, dan satu mahasiswa program strata-1, dan dua tenaga pendidikan.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014