PBB, AS (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon, Kamis, mengumumkan penunjukan diplomat Italia-Swedia Staffan de Mistura sebagai utusan khusus baru yang bertugas menyelesaikan perang di Suriah.

De Mistura menggantikan Lakhdar Brahimi, yang mengundurkan diri pada Mei setelah dua putaran pembicaraan damai tidak membuahkan hasil nyata dan saat konflik meningkat menjadi tahun keempat, menewaskan lebih dari 162.000 orang.

Ban mengatakan ia telah berkonsultasi "luas" sebelum membuat janji, termasuk dengan pihak berwenang Suriah, dan berkonsultasi dengan Liga Arab juga penunjukan diplomat Mesir Ramzy Ezzedine Ramzy sebagai wakil utusan.

"Utusan khusus akan memberikan jasa baik yang bertujuan untuk mengakhiri semua pelanggaran kekerasan dan hak asasi manusia serta mempromosikan solusi damai untuk krisis Suriah," kata Ban kepada wartawan.

Ramzy adalah seorang diplomat Mesir dan mantan wakil menteri luar negeri.

Ban menyerukan kepada masyarakat internasional, khususnya Dewan Keamanan dan pihak-pihak dalam konflik Suriah, untuk memungkinkan de Mistura, yang juga telah bertugas di Irak dan Afghanistan, untuk berhasil dalam menjalankan tugasnya.

(Uu.H-AK)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014