Seperti sebelumnya, nyawa Snowden terancam sehingga FMS mempunyai alasan untuk memperpanjang statusnya.
Moskow (ANTARA News) - Badan Migrasi Federal (FMS) menyatakan Rusia kemungkinan besar memperpanjang suaka sementara bagi mantan pekerja kontrak intelijen Amerika Serikat, Edward Snowden, dengan alasan "nyawanya terancam".

"Saya tidak melihat ada masalah untuk memperpanjang suaka sementara ini. Situasinya tidak berubah. Seperti sebelumnya, nyawa Snowden terancam sehingga FMS mempunyai alasan untuk memperpanjang statusnya," kata Kepala Badan Penasehat untuk FMS, Vladimir Volokh, kepada kantor berita Interfax, Jumat.

Snowden melarikan diri ke Rusia setelah membocorkan data-data mengenai program mata-mata dan Moskow memberinya suaka selama satu tahun sejak 1 Agustus 2013, sehingga membuat kecewa Washington yang ingin mengadili warga negara AS tersebut di dalam negeri atas dakwaan spionase.

Kehadiran Snowden di Rusia memanaskan hubungan antara Moskow dan Washington, juga mempengaruhi krisis di Suriah dan Ukraina serta isu-isu hak asasi manusia, keamanan dan perdagangan.

Pihak FMS Rusia menolak berkomentar sementara pengacara Snowden, Anatoly Kucherena, juga tidak ada untuk dimintai komentarnya.

(S022)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014