... langkah awal yang semakin memperkuat fondasi bagi peningkatan hubungan bilateral kedua negara... "
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia secara resmi membuka hubungan diplomatik dengan Belize melalui penandatanganan Komunike Bersama (Joint Communique).

Penandatangan dilakukan antara Duta Besar Indonesia untuk Meksiko, Hamdani Djafar, dengan Duta Besar Belize untuk Meksiko, Oliver del Cid, di kediaman Duta Besar Belize di Mexico City pada Rabu lalu (9/7).

"Indonesia dan Belize secara resmi membuka hubungan diplomatik untuk memajukan persahabatan dan kerja sama antara kedua negara dan bangsa" ujar Djafar dalam keterangan diterima di Jakarta, Jumat.

Melalui pembukaan hubungan diplomatik dengan Belize ini, Indonesia saat ini tercatat telah memiliki hubungan diplomatik dengan 186 negara anggota PBB.

Sementara bagi Belize, saat ini tengah gencar membuka hubungan diplomatik dengan negara-negara anggota PBB.

Djafar dalam sambutannya sebelum penandatanganan Komunike Besama mengemukakan, peristiwa penandanganan Komunike Bersama ini merupakan hari bersejarah.

Dia meyakini, pembukaan hubungan diplomatik kedua negara menandai bentuk formal dari kerjasama bilateral yang telah terjalin selama ini. "Ini langkah awal yang semakin memperkuat fondasi bagi peningkatan hubungan bilateral kedua negara di masa depan," kata dia. 

Dengan pembukaan hubungan diplomatik ini, kedua negara diharapkan dapat saling mendukung pencalonan di berbagai organisasi internasional dan saling menggali peluang kerja sama antar kedua negara di bidang politik, ekonomi, sosial budaya, perdagangan dan pendidikan.

Dalam sambutannya, del Cid menyambut baik dan menyampaikan kegembiraan atas pembukaan hubungan diplomatik antara kedua negara, terutama mengingat Indonesia adalah negara besar dan berperan penting dalam berbagai isu global.

Pewarta: Ageng Wibowo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014