Jakarta (ANTARA News) - Pendiri Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Indonesia Sabam Sirait mengusulkan agar Indonesia segera menggelar Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-II.

Penyelenggaraan KAA ke-II itu dalam rangka menciptakan perdamaian di Asia Afrika, termasuk masalah Palestina.

"Saya menganjurkan kepada pemerintah untuk melakukan KAA ke-II. Karena dunia sekarang seperti masalah Palestina, masalah Korea Utara harus dihentikan. KAA ke-II bisa menghentikan konflik dan masalah di Asia Afrika," kata Sabam di Jakarta, Jumat.

Ia menganjurkan, Presiden SBY mempersiapkan rencana penyelenggaraan KAA ke-II.

"Presiden SBY persiapkan KAA ke-II dan dia punya peran. Jangan terlalu lama persiapannya," kata Sabam.

Dalam KAA-II, juga perlu dibahas tentang Palestina, saling tukar informasi tentang Asia Afrika, saling sharing tentang masalah setiap bangsa. Tujuannya menjaga hubungan negara-negara baru, saling bantu," kata Sabam.

Ia memprediksi, penyelenggaraan KAA ke-II tentu akan mendapat pertentangan dari negara-negara Eropa dan Amerika Serikat.

Terkait khusus Palestina, ia menghimbau, agar negara-negara Asia Afrika mengirimkan uang untuk Palestina sehingga Palestina bisa melawan Zionis Israel.

"Bantu Palestina dengan aksi-aksi dan negara-negara Asia Afrika bisa membantu dengan uang ke Palestina dan mereka bisa beli senjata melawan Israel," ungkap mantan 7 kali anggota DPR RI tersebut.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014