Tokyo (ANTARA News) - Peringatan tsunami untuk wilayah Jepang timur laut telah dicabut, kata penyiaran publik NHK, dua jam setelah gempa berkekuatan 6,8 skala Richter mengguncang lepas pantai Prefektur Fukushima Sabtu dini hari yang memicu tsunami kecil di wilayah tersebut.

Tsunami kecil hingga 20 cm tercatat di Ishinomaki di Prefektur Miyagi dan lokasi-lokasi lainnya di timur laut Jepang setelah gempa, meskipun dilaporkan tidak ada kerusakan besar.

Perintah evakuasi juga telah dikeluarkan di beberapa pesisir kota-kota di daerah itu, yang terpukul keras gempa bumi dan tusnami besar pada Maret 2011, yang menewaskan 19.000 orang dan memicu kecelakaan nuklir terburuk sejak kecelakaan instalasi nuklir Chernobyl.

Sebelumnya, gempa dengan kekuatan 5,8 pada Skala Richter mengguncang Prefektur Fukushima di Jepang Timurlaut para pertengahan Juni, dan guncangan terasa di Ibu Kota negeri itu, Tokyo.

Pusat gempa mulanya dideteksi pada 37,1 derajat Lintang Utara dan 141,2 derajat Bujur Timur, dengan kedalaman 50 kilometer.

Gempa tersebut terdaftar pada tingkat empat dalam skala kekuatan seismik Jepang, yang memiliki tujuh tingkat, di beberapa bagian Fukushima, Prefektur Miyagi dan Ibaraki.

Tak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan dan tak ada laporan mengenai kerusukan serta korban cedera pada saat itu.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014