Brasilia (ANTARA News) - Belanda sukses merebut juara tiga Piala Dunia 2014 setelah membuat tuan rumah Brasil kian terpuruk dengan kekalahan 3-0 dalam laga di Stadion Nasional Brasilia, Sabtu petang waktu setempat (Minggu pagi WIB).

Menghadapi Brasil yang dalam tekanan beban berat, Belanda unggul cepat ketika pertandingan baru berlangsung tiga menit melalui tendangan penalti sang kapten Robin van Persie.

Van Persie melesakkan bola ke sudut kiri atas gawang Brasil tanpa bisa dihadang kiper Julio Cesar. Peluang emas Belanda itu datang setelah Robben yang menerima umpan Persie dijatuhkan kapten Brasil Thiago Silva.

Bermain dengan kehadiran sang bintang Neymar di bangku cadangan, Brasil terus mendapatkan tekanan dari Robben, van Persie, dan kawan-kawan pada awal babak pertama.

Belum juga Brasil mampu membuat serangan berbahaya, Belanda justru menambah gol lewat aksi tenang Daley Blind yang berhadapan langsung dengan Julio Cesar tanpa pengawalan.

Bek David Luiz melakukan kesalahan--kedua untuk Brasil--ketika upayanya melalui sundulan, bola justru jatuh ke kaki Blind yang kemudian melayangkan tendangan voli menaklukkan kiper Argentina.

Gol Blind menit 17 itu mengantar Belanda unggul 2-0 hingga babak pertama usai, dengan sejumlah upaya Brasil melalui David Luiz dan tendangan keras Oscar yang masih bisa dihadang kiper Cillessen.

Memasuki babak kedua, permainan Brasil sedikit berubah, lebih agresif dan tajam dibanding sepanjang babak pertama.

Pada menit 62, pelanggaran Blind berbuah tendangan bebas untuk Brasil, tapi tendangan bola mati David Luiz kali ini dengan mudah dijinakkan Cillessen.

Setelah Oscar gagal melayangkan tembakan ke arah gawang Belanda karena diblok Sneijder, Maicon membangun serangan dan mengumpan Oscar yang kemudian berlari ke jantung pertahanan Belanda.

Tapi Oscar justru mendapatkan kartu kuning karena oleh wasit dianggap diving ketika ia dihadang Blind di kotak penalti Belanda.

Blind bahkan harus ditandu ke luar lapangan karena cedera dan van Gaal memasukkan Janmaat untuk menggantikannya.

Permainan Brasil kian tajam ketika Hulk masuk menggantikan Ramires pada menit 73, namun beberapa kali upaya Hulk tidak membuahkan apa pun.

Dan justru Wijnaldum bisa melengkapi keunggulan Belanda menjadi 3 gol tanpa balas. Pemain pengganti Janmaat membuat umpan cemerlang untuk Wiljaldum yang diteruskannya masuk ke gawang Brasil dan gagal dihadang Cesar.

Di detik-detik akhir sisa pertandingan babak kedua Louis van Gaal memberi kesempatan kiper Vorm untuk tampil pertama kalinya di Brasil menggantikan Cillessen.

Pertandingan babak kedua pun kemudian berakhir dengan akhir bahagia bagi Belanda dan pilu untuk tuan rumah Brasil setelah pada semifinal mereka kalah memalukan 7-1 dari Jerman.

Berikut susunan pemain Belanda vs Brasil seperti dilansir FIFA:

Brasil


Line-ups: 12-Julio Cesar (GK), 3-Thiago Silva (c), 4-David Luiz, 8-Paulinho, 11-Oscar, 14-Maxwell, 16-Ramires, 17-Luis Gustavo, 19-Willian, 21-Jo, 23-Maicon.

Pengganti: 1-Jefferson (GK), 22-Victor (GK), 2-Dani Alves, 5-Fernandinho, 6-Marcelo, 7-Hulk, 9-Fred, 13-Dante, 15-Henrique, 18-Hernanes, 20-Bernard, 10-Neymar.

Pelatih: Luis Felipe Scolari (Brasil).

Belanda

Line-ups: 1-Cillessen (GK), 2-Vlaar, 3-De Vrij, 4-Martins Indi, 5-Blind, 9-Van Persie (c), 10-Sneijder, 11-Robben, 15-Kuyt, 16-Clasie, 20-Wijnaldum.

Pengganti: 22-Vorm (GK), 23-Krul (GK), 7-Janmaat, 12-Verhaegh, 13-Veltman, 14-Kongolo, 17-Lens, 19-Huntelaar, 21-Memphis, 6-De Jong, 10-Sneijder, 18-Fer.

Pelatih: Louis van Gaal. (Belanda).

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014