Merak (ANTARA News) - PT Angkutan Sungai Danau dan penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, mengoperasikan 27 kapal "Roll-on Roll-off" atau "Ro-Ro" untuk mengatasi peningkatan jumlah penumpang dan kendaraan yang hendak menuju Pulau Sumatera.

"Dengan mengoperasikan 27 kapal roro, penyeberangan menjelang Idul Fitri ini berjalan lancar, meskipun terjadi kepadatan penumpang maupun kendaraan," kata Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Nana Sutisna, di Merak, Kota Cilegon, Banten, Minggu.

Ia mengatakan, selama ini penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung mulai ramai baik penumpang pejalan kaki maupun penumpang di atas kendaraan.

Namun, penyeberangan berjalan lancar karena jumlah kapal Ro-Ro yang dioperasikan mencapai 27 armada.

Pengoperasian kapal sebanyak 27 unit dapat melayani perjalanan penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung, hingga 90 trip.

Selain itu, bongkar muat di Pelabuhan Merak diperpercepat dari 60 menit menjadi 30 menit.

"Kami tetap berkomitmen mengutamakan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang menggunakan jasa angkutan penyeberangan dengan selamat sampai tujuan," ujarnya.

Menurut dia, saat ini Pelabuhan Merak dipadati ribuan truk ekspedisi hingga mencapai 3.184 unit.

Lonjakan muatan barang maupun penumpang melonjak luar biasa pada pekan ini, tapi semua masih bisa diatasi dan berjalan lancar.

Truk ekspedisi 3.184 unit mengangkut logistik, di antaranya kebutuhan bahan pokok, sayur-sayuran, kelontongan dan barang lainnya.

Saat ini, jumlah penumpang yang diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, mencapai 21.000 orang, kendaraan pribadi 3.015 unit dan 275 bus.

"Kami memperkirakan Pelabuhan Merak mulai ramai penumpang pejalan kaki maupun penumpang di atas kendaraan pada pekan depan menjelang Lebaran," katanya.

(KR-MSR/T007)

Pewarta: Mansyur
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014