Rio de Janeiro (ANTARA News) - Stadion Maracana di Rio de Janeiro, Brasil, menjadi panggung ketiga bagi pertempuran antara Jerman melawan Argentina di partai puncak Piala Dunia.

Sebelum edisi 2014 ini, keduanya bertemu di partai final edisi 1986 di Meksiko dan 1990 di Italia, yang secara bergantian dimenangi oleh Argentina kemudian Jerman.

Apabila Jerman keluar sebagai juara, maka mereka akan menyamai catatan Italia menyabet empat trofi tertinggi jagad sepak bola itu.

Sementara bagi Argentina, apabila mereka mampu menjadi juara mereka mencapai catatan tiga kali juara menyamai Jerman, sekaligus memungkasi deretan trofi yang dimenangi "alien" berwujud kapten mereka, Lionel Messi.

Messi bersama rekan-rekannya yang sukses menghentikan langkah Belanda di babak semi final, tetap dipertahankan oleh sang pelatih Alejandro Sabella untuk menghadapi Jerman di partai puncak.

Messi didampingi Ezequiel Lavezzi dan Gonzalo Higuain di barisan depan, sedangkan Martin Demischelis kembali mengisi palang pintu pertahanan Tim Tango berduet dengan Ezeuqiel Garay.

Keputusan untuk mempertahankan winning team yang sukses di semi final juga dilakukan oleh arsitek Jerman, Joachim Loew.

Keberhasilan meluluhlantakkan tuan rumah Brasil 7-1 di semi final, membuat penyerang gaek yang pada laga tersebut memecahkan rekor pencetak gol terbanyak putaran final Piala Dunia dengan 16 gol, Miroslav Klose, tetap menjadi ujung tombak Der Panzer didampingi Thomas Mueller dan Mesut Ozil.

Sementara itu, sang kapten Philipp Lahm yang sempat diplot sebagai gelandang bertahan di Jerman di beberapa laga awal edisi 2014, mengikuti perannya di Bayern Muenchen di bawah besutan Josep Guardiola, akhirnya tetap dipertahankan di posisi naturalnya sebagai bek kanan.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim berdasarkan laman FIFA.

Jerman: Manuel Neuer (PG), Philipp Lahm (K), Mats Hummels, Jerome Boateng, Benedikt Hoewedes, Sami Khedira, Bastian Schweinsteiger, Toni Kroos, Mesut Ozil, Thomas Mueller, Miroslav Klose

Pelatih: Joachim Loew

Argentina: Sergio Romero (PG), Pablo Zabaleta, Ezequiel Garay, Martin Demischelis, Marcos Rojo, Lucas Biglia, Javier Mascherano, Enzo Perez, Ezequiel Lavezzi, Lionel Messi (K), Gonzalo Higuain

Pelatih: Alejandro Sabella.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014