Manila (ANTARA News) - Kepuasan warga terhadap Presiden Filipina Benigno Aquino III merosot ke peringkat terendah sejak ia menjabat pada 2010, demikian hasil survei yang disiarkan lembaga penelitian swasta Social Weather Stations (SWS), Senin.

Hasil survai SWS pada Juni itu, yang pertama kali diterbitkan di koran setempat "BusinessWorld", menunjukkan Aquino mengumpulkan tingkat kepuasan bersih +25, jauh dari +60, yang ia peroleh pada September 2010.

Tingkat kepuasan terhadap Aquino juga turun 20 poin dari 45 yang diperoleh pada Maret tahun ini.

Rating +25 diklasifikasikan oleh SWS sebagai "moderat," +45 adalah "baik", sementara peringkat +60 adalah "sangat baik."

Jumlah responden yang mengatakan Aquino akan menjadi presiden yang sukses juga turun menjadi 29 persen, dari 40 persen pada Juni 2013.

Seorang pengulas yang dikutip oleh BusinessWorld mengatakan, paket stimulus ekonomi pemerintah yang dinamai Program Percepatan Pencairan (DAP) dijadikan pertimbangan dalam pemerintahan Aquino.

Bagian-bagian dari DAP diputuskan inkonstitusional oleh Mahkamah Agung Filipina pada 1 Juli.

Survei SWS terakhir dilakukan dari 27-30 Juni dan melibatkan wawancara tatap muka 1.200 orang dewasa secara nasional, demikian laporan Xinhua.

(Uu.H-AK)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014