Kuantan Singingi (ANTARA News) - Kapolda Riau Brigjen Pol Condro Kirono bersama jajaran Polda Riau dan Polres Indragiri Hulu meninjau jalur mudik Jalan Lintas Timur (Jalintim) bersamaan dengan memantau pelaksanaan pleno penghitungan suara Pemilu Presiden di sejumlah Kantor Camat.

"Pengecekan jalur mudik dilakukan mulai perbatasan Kabupaten Indragiri Hulu dengan Pelalawan hingga perbatasan Provinsi Riau ke Jambi," kata Kapolres Kabupaten Indragiri Hulu AKBP Aris Presetyo Indaryanto SIK MSi melalui Kasat Lantas Polres Inhu AKP Ari Setyawan Wibowo di Rengat, Senin.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut sangat penting dalam rangka melihat secara langsung kondisi arus lalu lintas di daerah perbatasan sehingga diyakini situasinya aman sehingga para pemudik dapat pulang kekampung halamannya nanti dengan baik.

Selain jalur mudik di Jalintim, Kapolda juga melakukan pengecekan terhadap jalur tengah yang menghubungkan Kabupaten Indragiri Hulu dengan Indragir Hilir serta Jalur Lintas Tengah yang menghubungkan Kabupaten Indragiri Hulu dengan Kuantan Singingi.

"Hasilnya cukup baik namun kapolda juga berharap setiap pengemudi dapat mengawasi kecepatan mobilnya sehingga kondisi tetap terkendali," harapnya.

Dijelaskannya, berdasarkan hasil cek lapangan, pada umumnya kondisi Jalintim cukup baik, hanya saja para pemudik perlu mewaspadai sejumlah tempat yang saat ini sedang ada perbaikan jalan agar tidak terjadi Lakalantas.

Beberapa titik rawan kecelakaan di Jalintim terutama di KM 199 Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat, KM 267 Desa Balam Jaya Kecamatan Batang Gansal, KM 208 - 215 Dusun Berakit Kelurahan Pangkalan Kasai Kecamatan Seberida dan untuk jalan lintas tengah terdapat titik rawan kecelakaan di KM 279 Desa Jatirejo Kecamatan Pasir Penyu.

"Jika para pengguna jalan tetap bisa mengontrol diri, semua akan berjalan aman," tegasnya.

Selain itu, untuk jalan lintas tengah dari Kota Rengat menuju Tembilahan terdapat satu titik rawan lonsor yakni di KM 229 Desa Kuala Cenaku Kecamatan Kuala Cenaku, sedangkan daerah rawan kecelakaan telah dipasang rambu-rambu untuk membantu keselamatan dalam perjalanan.

"Untuk Pos PAM pada arus mudik mendatang telah ditetapkan di tiga lokasi. Lokasi Pos PAM I di KM 179 Simpang Tiga Japura Kecamatan Lirik, Pos PAM II di KM 211 Kelurahan Pangkalan Kasai Kecamatan Seberida dan Pos PAM III di KM 235 Kelurahan Pangkalan Kasai Kecamatan Seberida," terangnya.

(KR-APL/B012)

Pewarta: Asripilyadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014