Jakarta (ANTARA News) - Forum Pemimpin Redaksi (Pemred) melalui ketuanya Nurjaman Mochtar (SCTV/Indosiar) meminta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin untuk fokus memberi perhatian kepada penyelenggaraan ibadah haji 1435 H/2014 M. Selain pelaksanaannya sudah semakin dekat, lanjut Nurjaman, pelayaan haji tahun ini juga harus lebih baik.

"Pelayanan haji harus diperbaiki dan lebih baik. Pak Lukman harus fokus," kata Nurjaman ketika diberi kesempatan memberi sambutan usai Bincang dan Buka Puasa Bersama Menteri Agama di Komplek Perumahan Menteri Widya Candra Jakarta, Senin malam.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekjen Kemenag Nur Syam, Staf ahli Menag Machasin, Dirjen Bimas Buddha Dasikin, Dirjen Bimas Katolik Eusabius Binsasi, Kepala Pusat Informasi dan Humas Zubaidi, Kepala Biro Umum Burhanuddin, Direktur Urusan Pendidikan Buddha Heru Budi Santosa, serta para pemimpin redaksi dari berbagai media nasional.

Sebelum berbuka puasa, Pimred Media Indonesia Usman Kasong memberi kata sambutan dan menyampaikan ucapan selamat kepada Lukman Hakim Saifuddin atas terpilihnya menjadi menteri agama. Meski tugas mulia sebagai menteri itu hanya 4 bulan, menurut Usman, diharapkan menteri agama konsisten dengan sikapnya yang terbuka dan mau bergaul dengan kalangan wartawan.

"Silaturahim yang dikemas dalam bentuk buka puasa itu, katanya, diharapkan tetap baik ke depan. Dan Forum Pemred bisa diundang jika memang menghadapi isu-isu tertentu," kata Usman Kamsong dalam sambutan singkatnya.

Acara buka puasa itu sendiri terlihat lebih akrab dan santai. Usai Salat Magrib berjamaah dan kemudian disusul dengan makan malam, Menag Lukman Hakim terlibat bercengkerama dengan para pempinan redaksi. Ketua Forum Pemred sebelumnya, Wahyu Muryadi dari Majalah Tempo, banyak melontarkan humor dan disambut gelak tawa rekan-rekannya yang duduk di meja bundar.

"Jika Menag tak akrab dengan wartawan, tak bakal terdengar gelak tawa sekeras ini," ujar Nur Syam. Menag Lukman Hakim sebelumnya memang dikenal sudah akrab dengan lingkungan wartawan semasa menjabat wakil ketua MPR RI.

Terkait masukan Pemred, Menag mengaku akan berupaya semaksimal mungkin melakukan pembenahan agar pelaksanaan haji 1435H/2014M bisa berjalan dengan baik dan lancar. Berbagai persiapan terus dilakukan, mengingat penerbangan kloter pertama dijadwalkan akan dilakukan pada 1 September mendatang.

Diakui Menag bahwa tugas di punghujung kabinet Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang akan berakhir dalam beberapa bulan ke depan tergolong sulit. Namun, Menag yakin walau sisa waktu 3 bulan ke depan dapat memberi warna tersendiri bagi kementerian tersebut. Yaitu, meningkatkan kualitas kehidupan beragama yang semakin baik.

Terkait dengan itu, selain membenahi penyelenggaraan ibadah haji pada tahun ini, pihaknya juga berkewajiban meningkatkan kualitas kehidupan beragama. Dalam waktu dekat, kata Menag, pihaknya akan mengundang kelompok pemeluk agama minoritas seperti Bahai dan Sunda Wiwitan, termasuk Ahmadiyah.

"Kita ingin dengar keluh kesah mereka," ungkap Menag.(*)

Pewarta: Edy Supriatna Sjafei
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014