Kudus (ANTARA News) - Jalan-jalan utama di Jawa Tengah sudah siap untuk menyambut musim mudik Lebaran 2014.

Meskipun masih ada beberapa proyek perbaikan sarana dan prasarana jalan seperti di jalur Purwodadi-Blora dan Purwodadi-Solo, tapi jalur tersebut sudah siap dilalui kendaraan pemudik, kata Asisten III Sekda Provinsi Jawa Tengah Djoko Sutrisno.

"Aktivitas perbaikan jalan dan jembatan di wilayah Jateng, pada H-7 Lebaran dipastikan juga dihentikan sementara agar lalu lintas pemudik tidak terganggu aktivitas pekerja," ujarnya ditemui di sela-sela memantau kesiapan Terminal Induk Jati Kudus, Selasa.

Demikian juga Jalan Semarang-Kudus yang sebelumnya sering terjadi kemacetan menyusul adanya aktivitas pembotonan, kini sudah lancar dan tidak ada hambatan.

Terkait dengan sarana pendukung lainnya, seperti terminal maupun fasilitas kesehatan juga sudah siap menyambut pemudik Lebaran.

Di Kabupaten Demak, kata dia, akan disediakan posko mudik 24 jam di Jalan Semarang-Demak, di Dukuh Onggorawe, Desa Loireng, Kecamatan Sayung, Demak.

Selain itu, Puskesmas yang berada di jalur mudik juga disiagakan selama 24 jam.

"Kami juga sudah menerima laporan pembagian tugas tim medis yang dibagi menjadi tiga sift," ujarnya.

Pada arus mudik Lebaran 2014, kata dia, diprediksi terjadi lonjakan penumpang yang menggunakan armada bus hingga 6,11 persen dari tahun 2013 tercatat sebanyak 7,15 juta pemudik.

Sementara armada bus yang akan melayani pemudik, kata dia, diperkirakan naik 7 persen lebih dari tahun sebelumnya yang tercatat 288.991 armada.

Lonjakan penumpang, kata dia, diperkirakan juga terjadi pada transportasi kereta api, kapal laut dan pesawat dengan persentase yang berbeda-beda.

Sementara itu, Kepala UPTD Terminal Induk Jati, Kudus, Istiyanto di hadapan rombongan Pemprov Jateng menjelaskan, bahwa untuk sementara belum terlihat adanya lonjakan penumpang.

Jumlah armada yang disediakan selama Lebaran, kata dia, tersedia 30 armada bus untuk jurusan Jakarta dan dua bus untuk jurusan Bandung.

"Jika masih kurang, masih ada bus cadangan dan dipastikan tidak ada penumpang yang telantar selama arus mudik maupun arus balik Lebaran," ujarnya.

Untuk melayani pemudik, kata dia, di terminal disediakan posko Lebaran yang tersedia fasilitas tempat istirahat serta jaminan keamanan selama 24 jam.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin Lathif
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014