Jakarta (ANTARA News) - Microsoft Crop berencana melakukan PHK terbesar dalam 5 tahun terakhir setelah produsen piranti lunak itu bergabung dengan unit handset Nokia Oyj, lapor Bloomberg seperti dikutip Reuters.

Pengurangan karyawan ini akan diumumkan segera minggu ini, bisa jadi di unit Nokia atau bisa juga di bagian Microsoft yang menangani bisnis ni, baik bidang pemasaran maupun teknik.

Sejak mengadopsi binis handset Nokia musim semi ini, Microsoft mempunyai 127.000 karyawan, jauh melebihi pesaingnya, Apple dan Google. Wall Street berharap CEO Microsoft Satya Nadella untuk melakukan PHK yang merupakan PHK besar-besaran pertama sejak 2009.

Restrukturisasi kerja ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah Mircosoft, setelah memecat 5.800 pekerja pada 2009.

Beberapa posisi kerja yang dipangkas adalah pada departemen pemasaran bisnis seperti tim Global Xbox dan termasuk penguji soffware, sedangkan pemangkasan posisi kerja lainnya yang akan mengubah struktur Nadella ditempuh untuk merombak perusahaan, lapor Bloomberg.

Minggu lalu, Nadella menyebarkan satu memo kepada para karyawan berisi janji mengembangkan perusahaan dan proses bisnis, namun tidak membahas PHK pada perusahan software ini.

Nadella akan menyampaikan detail masalah keorganisasian dan keuangan untuk tahun fiskal baruyang akan dimulai bulan ini, ketika Microsoft meriili kinerja kuartalan pada 22 Juli, demikian Reuters.




Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014