Purwokerto (ANTARA News) - Kepolisian Resor Banyumas, Jawa Tengah, menyiapkan 825 personel guna mengamankan perayaan Lebaran melalui kegiatan Operasi Ketupat Candi 2014.

"Dalam melaksanakan operasi kemanusiaan ini, kami bekerja sama dengan TNI, baik dari Kodim maupun Korem, serta PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto," kata Kepala Polres Banyumas Ajun Komisaris Besar Polisi Dwiyono, di Purwokerto, Rabu.

Kapolres mengatakan hal itu kepada wartawan di sela pemantauan kesiapan Stasiun Purwokerto dan jalur kereta di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto dalam menghadapi masa angkutan Lebaran.

Dia mengakui bahwa salah satu yang menjadi perhatian Polres Banyumas adalah keberadaan perlintasan sebidang tanpa palang pintu dan tidak dijaga.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya bersama Kodim 0701/Banyumas akan menurunkan personel untuk membantu pengamanan di perlintasan tanpa penjagaan tersebut.

"Mungkin Bupati Banyumas nanti juga akan menurunkan personel Linmas ataupun bantuan lainnya untuk menjaga perlintasan sebidang yang selama ini tidak terjaga," katanya.

Terkait kemungkinan adanya sabotase di jalur kereta api, dia mengatakan bahwa pihaknya bersama Kodim 0701/Banyumas telah meminta kepada seluruh kepolisian sektor maupun komado rayon militer untuk bersinergi guna mengawasi jalur kereta api yang melintasi wilayah mereka.

Disinggung mengenai antisipasi terhadap kondisi cuaca yang tidak menentu, Kapolres mengatakan bahwa pihaknya melengkapi personel dengan jas hujan maupun perlengkapan lainnya.

"Kami juga membuat pospam (pos pengamanan) guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam akibat hujan lebat ataupun sebab lain," katanya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014