Jakarta (ANTARA News) - Dalam kisah Yunani kuno Odyssey, Homer bercerita segerombolan anjing laut sering ditemui di sepanjang pantai Yunani kuno. Namun akhir-akhir ini mereka jarang terlihat - total populasi mereka kurang dari 500 sehingga menjadikan binatang itu sebagai anjing laut paling terancam punah di dunia.

Joan Gonzalvo dari Institut Riset Tethys di Milan, Italia, sangat senang menjumpai anjing laut saat sedang mengadakan survei lumba-lumba di pantai barat Yunani minggu lalu.

"Kami tidak percaya ternyata yang ada di hadapan kami adalah seekor anjing laut," kata dia. "Dan kami melihat hewan itu memangsa gurita dengan lahap hanya berjarak beberapa meter dari kapal kami."

Dari perkiraan ukurannya, hewan tersebut memiliki panjang sekitar 130 sentimeter, Gonzalvo menyebutnya anak anjing laut atau remaja anjing laut.

Gonzalvo mengaku takjub saat melihat anjing laut makan dengan lahap di dekat kapalnya, yang bisa saja dengan mudah menjadi sasaran para pemburu.

Gurita juga tidak terlihat mudah untuk diburu. Gonzalvo yang tengah mengerjakan proyek Lumba-lumba Ionian, sebelumnya pernah melihat gurita menempel pada alat kelamin lumba-lumba, demikian New Scientist.





Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014