Jakarta (ANTARA News) - Bank Indonesia menyatakan akan mencetak puluhan juta lembar uang NKRI yang akan diterbitkannya pada 17 Agustus 2014.

"Untuk uang NKRI tunggu tanggal 17 Agustus, persiapannya sudah semua dan tinggal terbit," kata Deputi Gubernur BI Ronald Waas di Jakarta, Rabu.

Ronald mengatakan, untuk tahap awal, Bank Indonesia memang hanya akan mencetak sekitar puluhan juta lembar uang NKRI, namun Ronald enggan menyebutkan jumlah uang tersebut secara spesifik.

"Nyetaknya (uang NKRI) juga sudah banyak, kan tidak cuma 1000 atau 2000 lembar saja yang dicetak, tapi kita cetak puluhan juta lembar," ujar Ronald.

Ia menuturkan, uang baru NKRI sudah dipesan ke Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia atau Perum Peruri, dan semuanya dicetak dalam bentuk uang kertas.

"Bentuknya uang kertas semua, untuk semua nominal akan dikeluarkan. Dari mulai pecahan Rp1000 sampai dengan Rp100.000," kata Ronald.

Dalam rangka penerbitan uang NKRI itu sendiri, Bank Indonesia akan mengeluarkan aturan terkait uang baru NKRI yang akan diterbitkan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Saya rasa kan semua uang yang diterbitkan oleh BI harus ada peraturannya. Nah, BI akan mengeluarkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) untuk uang NKRI ini," ujar Ronald.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014