New York (ANTARA News) - Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat dan pemenang hadiah Nobel Perdamaian Henry Kissinger menjalani operasi jantung di rumah sakit di New York, Selasa, dan beristirahat dengan nyaman, kata pejabat rumah sakit.

Kissinger, 91 tahun, menjalani penggantian katup aorta, kata rumah sakit.

Pengungsi yahudi kelahiran Jerman itu menjabat sebagai Menteri Luar Negeri di masa Presiden dari Partai Republik Richard Nixon dan Gerald Ford. Ia berada dibalik pembukaan hubungan diplomatik dengan Tiongkok, pembicaraan kontrol senjata AS -Soviet, memperluas hubungan Israel dengan tetangga Arab-nya dan Perjanjian Perdamaian Paris dengan Vietnam Utara.

Sekalipun banyak yang memuji Kissinger untuk kecerdasan dan pengalaman luasnya, beberapa lawannya menyebutnya sebagai penjahat perang karena mendukung diktator anti-komunis, khususnya di Amerika Latin.

Pasca-mencapai Perjanjian Perdamaian Paris pada Januari 1937 Kissinger memperoleh penghargaan Nobel kontroversial bersama dengan tokoh Vietnam Utara Le Duc Tho.

Setelah meninggalkan pemerintahan, Kissinger mendirikan firma konsultasi berpengaruh di New York.

Dia juga telah berperan pada beragam forum kebijakan luar negeri dan keamanan, menulis buku dan bertugas sebagai komentator media pada isu hubungan internasional, demikian Reuters.

(G003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014