Kami berharap untuk lebih memperkuat kerja sama...
Washington (ANTARA News) - Ketua Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde, Rabu, mengucapkan selamat atas pembentukan pengaturan dana cadangan baru oleh negara-negara BRICS, sembari mengungkapkan keinginannya untuk bekerja dengan mereka guna memastikan stabilitas keuangan global.

Dalam pesannya kepada Presiden Brazil Dilma Rousseff, Lagarde mengatakan IMF akan senang untuk bekerja dengan tim BRICS yang didedikasikan untuk Pengaturan Cadangan Kontijensi (CRA), dengan maksud untuk memperkuat kerja sama.

"IMF memiliki hubungan yang sangat kuat dengan semua negara-negara BRICS, yang merupakan anggota penting dari lembaga ini. Kami berharap untuk lebih memperkuat kerja sama kami," katanya.

Blok negara berkembang BRICS, yang meliputi Brazil, Rusia, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan, mengumumkan pembentukan CRA dalam upaya untuk menjalin kemitraan ekonomi yang lebih erat dan kuat pada Selasa.

CRA, dengan jumlah dana awal 100 miliar dolar AS, akan membantu negara-negara mencegah tekanan likuiditas jangka pendek, meningkatkan kerja sama BRICS, memperkuat jaring pengaman keuangan global dan melengkapi peraturan internasional, menurut sebuah pernyataan yang dirilis Selasa setelah KTT BRICS keenam di Brazil.
(A026)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014