Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan pemerintah akan menambah kapal untuk layanan mudik gratis.

Kementerian Perhubungan akan menggunakan kapal milik TNI Angkatan Laut untuk mengangkut pemudik.

"Mereka sudah setujui, sekitar 1.000 pemudik lagi kita tampung di KRI," kata Mangindaan usai rapat kabinet paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis.

Lebaran tahun lalu kapal milik TNI juga digunakan untuk mudik gratis bagi para pengguna sepeda motor.

Mangindaan menjelaskan, Lebaran tahun ini pemerintah menyiapkan kapal laut yang bisa mengangkut 12.000 kendaraan bermotor dan kini telah terisi penuh.

Kementerian Perhubungan juga menyediakan layanan mudik gratis menggunakan kereta api untuk 6.000 kendaraan bermotor saja, pemiliknya harus tetap membayar ongkos kereta api.

"Ini juga telah habis," katanya.

Namun, ia melanjutkan, pemerintah akan menambah dua rangkaian kereta api dengan kapasitas sekitar 32.000 penumpang yang tiketnya akan dijual langsung di loket pada hari ketujuh dan hari ketiga sebelum Lebaran.

Selain itu, ia menambahkan, perusahaan-perusahaan swasta juga telah menyediakan layanan mudik gratis untuk sekitar 122.000 penumpang.

Ia berharap penambahan berbagai moda transportasi untuk mudik dapat mengurangi kemacetan lalu lintas kendaraan di jalan raya.


Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014