Bandung (ANTARA News) - Perbaikan jalan ruas Bandung menuju Cirebon melalui Kabupaten Sumedang, diperkirakan mencapai 90 persen, sehingga bisa digunakan arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1435 H.

"Perbaikan jalan dari Bandung mengarah Cirebon melintasi Kabupaten Sumedang dan Majalengka, diperkirakan mencapai 90 persen," kata Nana, pengawas perbaikan jalan, di Bandung, Kamis.

Menurut dia, perbaikan jalan utama Bandung--Cirebon rutin dilakukan, tetapi kendalanya jalan tersebut dilintasi kendaraan angkutan berat sehingga butuh perawatan maksimal.

"Jelang lebaran jalan utama Bandung--Cirebon siap dilalui arus mudik dan balik lebaran," katanya.

Karena jalan Bandung melintasi Majalengka arah Sumedang melalui Cadas Pangeran perbaikannya terus dikebut.

"Perbaikan jalur utama yang menghubungkan Cirebon arah Bandung melintasi Sumedang melalui Cadas Pangeran terus dikebut, menjelang arus mudik tahun 2014," katanya.

Ia menuturkan, jalur tersebut cukup padat dilalui kendaraan terutama saat arus mudik, karena adanya pengalihan lalu lintas dari Jakarta melintasi Sumedang arah Cijelag, sehingga kondisi jalan harus layak untuk menghindari kemacetan.

Perbaikan jalan akan terus diupayakan, kata dia, sehingga pengerjaan proyek tersebut 24 jam, harapannya bisa selesai sebelum arus mudik lebaran, pihaknya menyadari sulit dan terkendala cuaca.

Agus salah seorang pekerja perbaikan jalan di Sumedang menuturkan, pengerjaan proyek perbaikann jalan Cirebon--Bandung terus dikebut, supaya bisa digunakan pemudik yang melintasi Sumedang arah Majalengka.

"Perbaikan jalan yang dipercepat di pertigaan Cijelag arah Kabupaten Sumedang, kondisi jalan tersebut rusak berat, sehingga aspal dikeruk untuk meratakannya," kata dia.

Ia menambahkan, selain di pertigaan Cijelag arah Cimalaka hingga Cadas Pangeran pengerjaan diutamakan, karena volume kendaraan yang melintas padat baik dari Jakarta juga arah Kabupaten Garut, Tasikmalaya.

Sementara itu Rojak pengendara dari Cirebon menuju Bandung menuturkan, perbaikan jalan Cirebon arah Bandung terus dikebut jelang arus mudik lebaran, sempat terjadi antrean panjang di Cijelag dan Cimalaka.
(KR-EJS)

Pewarta: Enjang Solihin
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014