Secara keseluruhan pelaksanaan Pilpres di wilayah Jabar, relatif berjalan aman. Kami telah melakukan pemantauan secara maraton ke sejumlah kantor KPU kota/kabupaten di Jabar. Semua aman terkendali, termasuk di Cianjur, Sukabumi dan Bogor,"
Cianjur (ANTARA News) - Kapolda Jabar, Irjen Polisi Mochammad Iriawan, pastikan pelaksanaan Pilpres 2014 hingga rekapitulasi akhir di KPU Jabar, akan berjalan aman dan terkendali.

"Secara keseluruhan pelaksanaan Pilpres di wilayah Jabar, relatif berjalan aman. Kami telah melakukan pemantauan secara maraton ke sejumlah kantor KPU kota/kabupaten di Jabar. Semua aman terkendali, termasuk di Cianjur, Sukabumi dan Bogor," katanya di Kantor KPU Cianjur, Kamis.

Dia mengatakan, pihaknya melakukan peninjauan untuk melihat kondisi keamanan di berbagai daerah pasca digelarnya rapat pleno Pilpres, selanjutnya pihaknya akan memersiapkan pengamanan pelaksanaan pleno di tingkat propinsi.

"Pengamanan kita lakukan secara tertutup dan terbuka. Kita bagi dalam 3 ring dengan kekuatan 340 personil. Ring 1 ditempatkan di dalam lingkungan kantor KPU, Ring 2 di pintu masuk dan Ring 3 berada di jalan raya," ucapnya.

Dalam kunjungannya ke KPU Cianjur, Kapolda bersama rombongan memantau kondisi KPU Cianjur pasca digelarnya rapat pleno hasil penghitungan suara Pilpres 2014 (Rabu 16/7).

"Selanjutnya hari ini komisioner KPU dari masing-masing kota/kabupaten di jabar, berangkat ke KPU Jabar, untuk melakukan pleno rekapitulasi di tingkat provinsi. Dimana komisoner mendapat pengawalan dari petugas sesuai perintah Kapolri," katanya.

Sementara itu, usai melakukan pleno rekapitulasi hasil Pilpres 2014, KPU Cianjur, dibawah pengawalan polisi, menyerahkan hasil pleno ke KPU Jabar dan selanjutnya mengikuti pleno rekapitulasi di Kantor KPU Jabar, Jumat (18/7).


(KR-FKR/Y003)

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014