Hockenheim (ANTARA News) - Pemuncak klasemen Formula Satu Nico Rosberg harus membatalkan rencananya untuk mengenakan helm khusus yang didekorasi dengan trofi Piala Dunia saat membalap di Grand Prix Jerman, terkait dengan masalah hak cipta setelah FIFA melakukan intervensi.

Rosberg, yang membela tim pabrikan yang sekaligus menjadi sponsor Asosiasi Sepak Bola Jerman Mercedes, memperlihatkan kepada para pengikutnya di Twitter sebuah gambar rencana helm dengan bendera Jerman dilengkapi empat bintang dan piala emas pada bagian atasnya.

"Ini akan menjadi helm edisi istimewa Piala Dunia Hockenheim saya dengan trofi FIFA. Apakah Anda menyukainya?" tanya pebalap Jerman itu kepada para penggemarnya sambil merayakan kesuksesan Jerman menang 1-0 atas Argentina pada final di Brazil akhir pekan silam.

Bagaimanapun, helm itu melanggar hak cipta badan sepak bola dunia FIFA, dan juru bicara Rosberg, Georg Nolte, mengonfirmasi bahwa gambar piala itu tidak akan ditampilkan.

Versi baru, yang diperlihatkan kepada para pewarta, menampilkan satu bintang besar dengan 14 bintang di dalamnya dan tiga bintang yang lebih kecil yang menandai empat kali Piala Dunia direbut oleh tim Jerman.

"Semua yang Anda pikirkan tentangnya, itu mengagumkan," komentar Rosberg. "Bahkan trofi itu memiliki mereknya sendiri atau apapun."

"Itu merupakan kejutan namun tentu saja saya dapat memahaminya," kata pria Jerman itu. "Itu sangat disayangkan karena (helm) itu terlihat akan benar-benar bagus dengan trofi di atasnya. Sekarang itu adalah satu bintang besar dan tidak seorangpun dapat merebutnya. Bintang itu merupakan milik kami."

Rosberg, yang menandatangani perpanjangan kontrak dengan Mercedes pada awal pekan ini, unggul atas rekan setimnya yang berasal dari Inggris Raya Lewis Hamilton dengan selisih empat angka menjelang balap Minggu - yang menandai separuh perjalanan musim ini. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014