Cianjur (ANTARA News) - Polda Jabar mengimbau pengguna jalan khususnya pemudik yang akan melintas di wilayah hukum Jabar, memastikan kendaraan layak jalan sebelum melakukan perjalanan mudik.

Kapolda Jabar , Irjen Polisi Mochammad Iriawan, di Cianjur, Kamis, mengatakan, menjelang arus mudik dan balik kali ini, pihaknya telah berkordinasi dengan TNI dan aparat setempat terutama jalur Pantura yang saat ini telah siap dilalui pemudik.

Dimana di sepanjang jalur tersebut, Polda Jabar, tambah dia, telah menyiapkan berbagai antisipasi seperti pagar betis, BKO dari Mabes Polri dan TNI, serta 500 anggota bermotor untuk mengurai kemacetan jika terjadi di sepanjang jalur tersebut.

"Intinya kami mengimbau penguna jalan khususnya pemudik agar memperhatikan kelayakan kendaraan sebelum berangkat, pastikan kendaraan yang dipakai layak agar dapat terhindar dari yang hal tidak inginkan, sehingga selamat sampai kampung halaman masing-masing," katanya.

Sementara itu, terkait jalur rawan kecelakaan dan rawan kemacetan setiap musim mudik dan balik belabaran, pihaknya meminta masyarakat yang hendak menjalankanya dapat berangkat lebih awal sesuai dengan keputusan pemerintah tentang libur menjelang Lebaran, sehingga tehindar dari kemacetan.

"Persiapan fisik dan kendaraan serta kami imbau pengendara untuk melakukan pengisian bahan bakar di wilayahnya masing-masing sebelum berangkat, agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di SPBU yang ada di Jalur Pantura karena ini salah satu faktor terjadinya kemacetan," tuturnya.

Sedangkan untuk pengamanan di setiap wilayah yang dilalui pemudik di Jabar, pihaknya melakukan pengamanan terbuka dan tertutup di daerah yang dianggap rawan terjadinya tindak kriminal dan kemacetan.

(KR-FKR/Y003)

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014