Inggris (ANTARA News) - Mantan bek Inggris Rio Ferdinand telah menandatangani kontrak dengan Queens Park Rangers (QPR) tanpa uang transfer.

Bek tengah 35 tahun yang dilepas oleh Manchester United di penghujung musim lalu, menandatangani kontrak berdurasi satu tahun setelah mengadakan pembicaraan dengan klub London Barat itu.

Ferdinand berbicara dengan pelatih QPR, Harry Redknapp, awal minggu ini setelah menjadi komentator TV pada Piala Dunia 2014 dan lolos tes kesehatan pada Kamis.

Ferdinand menjadi pemain pertama yang didatangkan QPR melalui promosi pada jendela transfer musim panas ini.

"Saya berbicara kepada Harry dan Mr Fernandes panjang lebar. Mereka berdua tahu, saya masih punya sesuatu untuk dipersembahkan," kata Ferdinand di laman resmi klub.

"Ini bukan tentang uang, saya ditawari sesuatu yang lebih menguntungkan, tawaran dari seluruh dunia, beberapa tempat yang mempunyai iklim lebih baik dari pada di sini."

"Tetapi saya ingin bermain di Liga Inggris dan ini tempat saya memulainya," tambah Ferdinand. "Saya merasa saya masih punya sesuatu untuk ditawarkan dan saya senang dapat menolong klub ini yang akan bermain di Liga Inggris."

Ferdinand berlatih dengan QPR ketika masih muda sebelum bergabung dengan akademi West Ham pada 1992 di mana dia bisa masuk ke dalam skuat utama di bawah Redknapp yang menjadi pelatih klub yang bermarkas di Upton Park itu.

Saudaranya, Anton, menikmati dua tahun di kandang QPR, Loftus Road, sedangkan sepupunya Les yang juga mantan pemain timnas Inggris dan penyerang Tottenham dipertimbangkan untuk menjadi legenda QPR oleh suporter.

Ferdinand mengatakan, "Ayah saya dulu membawa kami ke sini sebagai anak kecil dan saya terbiasa duduk di Loft."

"QPR merupakan klub profesional pertama yang pernah mendatangkan saya dan banyak kenangan indah di sini untuk saya dan keluarga."

"Anton, tak ada yang bisa saya katakan tentangnya dan saya melihatnya di sini ketika kecil dengan pemain seperti Ray Eilikins, Clive Wilson, David Bardsley, dan Alan McDonald."

Ferdinand dilepas oleh Manchester United setelah 12 tahun membela klub dengan enam kali menjuarai Liga Inggris dan juga Liga Champions juga bermain lebih dari 400 kali bersama Setan Merah itu.

Sementara pelatih QPR, Redknapp menyebut kedatangan Ferdinand sebagai harapan untuk bertahan di Liga Inggris musim ini.

"Kami merupakan satu-satunya klub yang dilihatnya untuk bergabung, jadi tidak begitu sulit untuk membuat kesepakatan dengannya," kata Redknapp kepada Sky Sports.

"Mudah untuk membuat kesepakatan dengan Rio dan tuntutannya tidak besar. Dia hanya ingin bermain sepak bola dan kami senang. Kedatangan dia bagus untuk kami."

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014