Manchester (ANTARA News) - Konferensi pers dilakukan Louis van Gaal baru-baru ini sebagai pelatih baru Manchester United menggantikan David Moyes yang dipecat sebelum 12 bulan menduduki kursi kepelatihan. Berikut perbedaan antara konferensi pertama David Moyes dan Louis van Gaal seperti dilansir laman Mirror.

Menjadi pelatih baru Manchester United
Moyes: "Saya merasa istimewa diberikan kesempatan untuk melatih Manchester United dan berterima kasih kepada Sir Alex karena membuat ini menjadi kenyataan. Ini benar-benar situasi yang aneh buat saya. Saya tak punya ide apapun. Saya tidak tahu apa-apa sampai Sir Alex menghubungi saya dan meminta saya untuk ke rumahnya."

"Saya mengira dia akan berkata 'Saya akan mengambil salah satu pemainmu' atau sesuatu yang berhubungan dengan itu. Saya pergi ke rumhanya dan pertama kali yang dia katakan kepada saya 'Saya pensiun'. Saya menanyakan kapan dia akan pensiun dan dia katakan bulan depan. Dan kalimat selanjutnya adalah "kamu pelatih Manchester United selanjutnya". Jadi saya tidak punya kesempatan untuk mengatakan iya atau tidak. Saya katakan bahwa saya pelatih MU selanjutnya dan itu cukup."

"Seperti yang dapat kamu bayangkan, darah mengalir di wajah saya. Itu mengejutkan. Lebih mengejutkan daripada pengumuman pensiun Sir Alex. Tetapi sejatinya saya senang karena diberi kesempatan menjadi pelatih Manchester United."

Van Gaal: "Saya mempunyai filosofi kuat. Sir Alex juga memiliki filosofi yang kuat kan? Dia selalu menegaskan itu karena dia memenangkan banyak gelar dengan United. Saya berharap saya bisa melakukan itu."

"Sir Alex menghubungi saya untuk memberi selamat. Kami tahu masing-masing dengan baik dan saya seharusnya minum kopi dan anggur dengannya, mungkin lebih baik wine."

"Ini sulit untuk dilukiskan. Saya telah bertemu banyak orang di sini yang mencintai klub. Ini keluarga yang besar. Mereka berharap lebih dari saya, mereka bersemangat bertemu dengan saya."

"Bisakah saya mewujudkan harapan itu? Saya pikir saya bisa. Tetapi karena kebesaran klub ini lebih sulit daripada klub lainnya."

"Klub ini merupakan klub komersial dan kami harus penuhi itu, walau tidak selalu dapat mewujudkan harapan komersial dan harapan fans."

"Itu- setelah dua hari di sini- adalah tantangan yang paling besar."

Target Pemain
Moyes: (Dikaitkan dengan Ronaldo, Thiago, dan Baines) "Saya tidak pernah membicaraka tentang pemain di klub lain karena menurut saya itu salah dan itu bukan gaya saya."

"Ketika orang sedang dalam kontrak dengan klub lain saya pikir salah untuk membicarakan mereka. Klub ini mempunyai musim hebat tahun lalu. Saya menangani pemenang dan MU selalu tertarik mendatangkan pemain terbaik."

Van Gaal: "Moto saya selalu sama: Saya ingin melihat para pemain sekarang. Tentu saya tahu bagaimana mereka bermain tetapi saya tidak tahu para pemain yang belum pernah saya latih."

"Pertama, saya akan melihat tiga empat minggu apa yang bisa mereka lakukan dan mungkin saya harus membeli pemain lain. Pemain yang telah kami beli sekarang- Shaw dan Herrera- sudah ada pada daftar- jadi saya memberikan persetujuan karena saya menyukai mereka."

"Tetapi pertama-tama saya ingin melihat para pemain memainkan filosofi saya."

"Pemilik gembira ketika saya jelaskan tentang filosofi saya dan karena itu saya berada di sini."

Ambisi
Moyes: "Saya selalu berpikir kami akan berhasil di semua kompetisi, bukan hanya Liga Inggris. Ketika kamu di MU, pikiran saya adalah kamu harus memberikan apapun, kamu berusaha untuk memenangkan segalanya."

"Mungkin kamu akan kalah beberapa kali, tetapi kamu harus berusaha untuk memenangkan semua tropi. Saya telah melakukannya di manapun saya berada, dan saya juga akan melakukannya di sini karena ini tim yang besar, pemain berkualitas dan klub dengan tradisi menjadi pemenang di segala kompetisi."

Van Gaal: "Untuk saya tantangan selalu datang pertama, bukan keempat."

"Saya belum pernah bekerja dengan sebagain besar pemain, kami harus tunggu dan lihat."

"Sangat penting ada 'klik' antara pemain dan pelatih."

Gaya Bermain
Moyes: "Saya berharap dapat bermain dengan cara yang sama, dengan beberapa tradisi dan pengalaman, sepak bola yang menyenangkan."

"Saya selalu katakan yang paling besar dalam sepak bola adalah kemenangan, pekerjaan di sini untuk menang. Saya selalu menempatkan kemenangan di daftar puncak."

"Jika kamu menampilkan permainan menghibur tetapi tidak menang. Kamu harus mendapatkan keseimbangan dan berharap saya bisa."

Van Gaal: "Pemain yang telah kami beli, Shaw dan Herrera, sudah masuk dalam daftar. Jadi saya memberikan persetujuan karena saya menyukai mereka."

"Tetapi pertama-tama saya ingin melihat para pemain memainkan filosofi saya."

"Pemilik gembira ketika saya jelaskan tentang filosofi saya dan karena itu saya berada di sini."

"Kami harus tunggu dan lihat jika saya bisa mewujudkna harapan mereka dan suporter. Fans sangat penting saya tahu itu!"

Kesan Pertama
Moyes: "Saya terkesan dengan sikap mereka. Sangat profesional."

Van Gaal: "Sulit untuk menjelaskan. Saya bertemu banyak orang yang mencintai klub. Ini keluarga yang besar. Mereka berharap besar pada kami, mereka bersemangat ketika menemui saya."

"Mampukah saya mewujudkan harapan mereka? Saya pikir saya bisa. Tetapi karena kebesaraan klub ini menjadi lebih sulit dari klub mana pun."

Komentar tentang Wayne Rooney
Moyes: "Menarik karena Wayne hanya 40 atau 50 gol di belakang Sir Bobby Charlton dan saya pikir 40 gol di belakang Denis Law. Saya mendapat kesempatan untuk berbicara dengan Wayne. Saya yakin kalian bertanya-tanya tetapi Wayne tidak untuk dijual."

"Dia pemain MU dan akan tetap menjadi pemanin MU. Saya tahu Wayne sejak umur 16. Saya juga mendapat kesempatan bertemu dengan Wayne. Dia berlatih dengan baik."

Van Gaal: "Kamu harus tahu bahwa saya tidak selalu menyakini pengalaman para pemain."

"Karena saya telah berkata seorang pemain seperti seorang laki-laki 16 tahun Clarence Seedorf, saya membiarkan dia untuk melakukan debut dengan Ajax, tetapi pengalaman umur 16 seperti pemain 30 tahun."

"Kamu menyodorkan Rooney tetapi contohnya Michael Carrick dia cedera beberapa hari lalu. Pendapat saya itu pukulan yang besar karena dia pemain berpengalaman."

"Ini sangat penting untuk memiliki pemain yang berpengalaman, bukan hanya umur dan pengalaman sebagai pesepak bola, tetapi sebagai seorang manusia. Filosofi saya bukan hanya sebagai pemain sepak bola, tetapi secara keseluruhan." (*)

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014