Kapasitas dan kualitas jaringan sudah kami uji sehingga sanggup menjamin kenyamanan komunikasi bagi pelanggan,"
Jakarta (ANTARA News) - Operator seluler PT XL Axiata siap menghadapi kemungkinan lonjakan trafik selama liburan panjang Lebaran dengan menambah kapasitas dan meningkatkan kualitas jaringan.

"Kapasitas dan kualitas jaringan sudah kami uji sehingga sanggup menjamin kenyamanan komunikasi bagi pelanggan," kata Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan, di Jumat.

Menurut Ongki, penambahan kapasitas radio sebesar kurang lebih 2 kali lipat dilakukan di jalur dan daerah tujuan utama mudik di jaringan "core" dan Inteligent Network (IN), selain juga berupaya menjaga utilisasi jaringan di angka 50-60 persen agar kenyamanan pelanggan tetap terjaga baik.

Pada peningkatan kualitas jaringan dilakukan dengan memasang mobile BTS di 21 jalur mudik dan area-area yang banyak dikunjungi orang.

Selain itu juga dilakukan optimisasi jaringan dan instalasi HD voice dan enambahan "high speed packet access" untuk kenyamana pelanggan dalam mengakses layanan data.

"Kualitas jaringan sudah diuji di jalur dan lokasi tujuan utama mudik secara berkala sejak sebelum Ramadhan dengan "drive test" dan "user experience test". Termasuk penanganan gangguan agar team XL selalu siaga saat masa mudik dan libur Lebaran," tegas Ongki.

Lebih lanjut dijelaskan, pascamerger dengan Axis, seluruh pelanggan yang mencapai 68,5 juta senantiasa dijamin kenyamanannya.

"Peningkatan jaringan XL maupun AXIS di berbagai wilayah, meliputi penambahan kapasitas, optimisasi jaringan, memaksimalkan kombinasi jaringan XL dan AXIS sehingga menghasilkan perluasan jangkauan jaringan, serta didukung dengan penambahan spektrum," ujarnya.

Adapun peningkatan kenyamanan pengguna AXIS juga dilakukan melalui aktivasi national roaming di jaringan XL, didukung migrasi billing AXIS ke XL, serta menempatkan infrastruktur XL menjadi penyangga layanan AXIS.

"Bagi pelanggan layanan AXIS, jangan khawatir, kami serius mengupayakan terjaminnya kualitas layanan," ujar Ongki.

(R017/S025)

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014