Kami memperkirakan pergerakan penumpang di Soekarno-Hatta selama masa angkutan lebaran akan mencapai 2,84 juta penumpang."
Jakarta (ANTARA News) - PT Angkasa Pura (AP) II memprediksi bahwa pergerakan jumlah pengguna jasa angkutan pesawat terbang di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta selama masa angkutan lebaran akan mengalami peningkatan hingga 7,11 persen.

"Kami memperkirakan pergerakan penumpang di Soekarno-Hatta selama masa angkutan lebaran akan mencapai 2,84 juta penumpang," ujar Direktur SDM dan Umum AP II, Hari Cahyono, pada acara temu media di Jakarta, Jumat (18/7) malam.

Pergerakan penumpang sebelumnya pada 2013 mencapai 2,65 juta penumpang, sehingga bila dibandingkan dengan prediksi pergerakan penumpang pada 2014, maka akan mengalami kenaikan hingga 7,11 persen.

Untuk mengatasi pergerakan penumpang yang meningkat tersebut, Hari menjelaskan bahwa AP II akan menambah jumlah petugas di pos-pos informasi yang terletak di terminal-terminal Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta.

"Fungsinya adalah untuk memberikan asistensi kepada para penumpang atau pemudik apabila memerlukan bantuan," ujar Hari.

Lebih lanjut Hari menjelaskan bahwa petugas tambahan yang bertugas di pos-pos informasi itu disebut sebagai Duta Bandara, yang siap melayani pemudik apabila membutuhkan informasi atau bantuan.

AP II dikatakan Hari juga akan menambahkan pos keamanan terpadu yang bertujuan untuk menjaga keamanan pengunjung atau pun pengguna Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

Terkait dengan kapasitas landasan pacu, AP II bersama dengan Lembaga Penyelengara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI), telah meningkatkan kapasitas penerbangan di landas pacu Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta menjadi 72 penerbangan per jam, dari yang sebelumnya berjumlah 64 penerbangan per jam.

"Diharapkan dengan penambahan kapasitas tersebut maka keterlambatan kedatangan atau penundaan keberangkatan dapat berkurang," ujar Hari.

Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta merupakan bandara yang akan beroperasi selama 24 jam, termasuk pada saat masa angkutan lebaran. Sementara itu, bandara lain yang beroperasi selama 24 jam adalah Bandar Udara Internasional Kualanamu yang terletak di Sumatera Utara.

AP II memprediksi bahwa Bandar Udara Internasional Kualanamu akan mengalami peningkatan pergerakan penumpang menjadi 7,98 persen, dari yang sebelumnya (2013) berjumlah 384 ribu penumpang diperkirakan menjadi 417 ribu penumpang. (M048)

Pewarta: Maria Rosari
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014