Muntok (ANTARA News) - Kepolisian Resor Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan berbagai imbauan terkait ketaatan hukum kepada generasi muda di wilayah hukum setempat melalui kegiatan pesantren kilat.

"Kami harapkan berbagai materi hukum yang kami sampaikan dalam kegiatan itu mampu meningkatkan kesadaran dan ketaatan hukum masyarakat," ujar Kepala Polres Bangka Barat, AKBP Djoko Purnomo di Muntok, Jumat.

Ia menjelaskan, pada kegiatan pesantren Ramadhan akbar yang digelar di Masjid Agung Muntok tersebut diharapkan kehidupan masyarakat di daerah itu semakin tertib, aman, nyaman dan kondusif sehingga pembangunan bisa berjalan dengan baik sesuai rencana.

"Kami harapkan para peserta yang semuanya berasal dari kalangan pelajar bisa menjadi generasi muda yang kuat dalam iman dan taat hukum," kata dia.

Pada kesempatan itu, Kapolres menekankan akan pentingnya para pelajar menaati berbagai aturan berlalu lintas untuk menekan jumlah kecelakaan di jalan raya.

Selain itu, kata dia, kelengkapan kendaraan sepeda motor, seperti spion, lampu, lampu sent, surat izin mengemudi, surat tanda nomor kendaraan dan kelayakan kendaraan juga wajib dicek sebelum berkendara.

"Menaati peraturan dan rambu lalu lintas di jalan juga wajib dipatuhi, gunakan helm demi keselamatan bersama," kata dia.

Ia menekankan kepada para peserta agar selalu melengkapi kendaraan dan mematuhi aturan berlalu lintas, dan jika imbauan itu tidak diindahkan, maka akan dilakukan tindakan tegas dari pihak Kepolisian.

"Kami harapkan masyarakat, khususnya generasi muda menanamkan kepatuhan hukum yang berlaku, melalui pesantren kilat seperti ini kami harapkan akan mampu meningkatkan kepribadian peserta, baik di luar maupun di dalam," kata dia.

Kapolres mengingatkan kepada para peserta akan masih adanya pelanggaran di bulan suci ramadhan, yaitu masih adanya beberapa pelajar yang masih sering "mojok" di pinggir pantai atau tempat tertentu.

"Kami harapkan kejadian itu jangan sampai terulang demi masa depan pelaku itu sendiri," ujarnya.

Hal ini disampaikan Kapolres Djoko di hadapan sekitar 300 peserta pesantren kilat yang diikuti gabungan pelajar dari berbagai sekolah di Kecamatan Muntok, pada kegiatan itu dihadiri juga oleh Bupati Bangka Barat, Zuhri M Syazali dan Wakil Bupati Sukirman serta sejumlah pejabat tamu undangan dari pemkab setempat.

(KR-DSD/R014)

Pewarta: Donatus DP
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014