Bekasi (ANTARA News) - Polresta Bekasi Kota, Jawa Barat, mulai mengintensifkan pengawasan terhadap sejumlah rumah kosong yang ditinggal mudik penghuninya menjelang Lebaran 2014.

"Kami akan menyiagakan tim khusus Resmob untuk mengamankan rumah yang ditinggal mudik penghuninya," kata Kapolresta Bekasi Kota Kombes Pol Priyo Widiyanto di Bekasi, Jumat.

Menurut dia, pencurian rumah kosong kerap terjadi pada saat musim mudik Lebaran karena pengawasan masyarakat yang minim.

Hal itu terjadi akibat warga yang meninggalkan rumahnya saat mudik tidak berkoordinasi dengan RT/RW setempat.

"Salah satu bentuk gangguan Kamtibmas yang marak saat menjelang Lebaran yakni pencurian pada rumah-rumah kosong," katanya.

Priyo juga mengatakan pihaknya telah membentuk Satgas khusus untuk mengawasi rumah-rumah kosong yang ditinggal penghuninya.

Satgas tersebut telah dikoordinasikan bersama RT dan RW setempat guna melakukan pengamanan rumah kosong.

Satgas tersebut digawangi oleh para Babinkamtibnas dan para satgasnya terdiri dari petugas keamanan perumahan, maupun warga yang tidak mudik.

"Selama musim mudik, warga juga diimbau agar melaporkan ke Polsek setempat atau telpon ke 021-8841110, jika ada masalah keamanan di wilayahnya," katanya.

(KR-AFR/F006)

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014