Merak (ANTARA News) - Pemudik dari berbagai daerah di Pulau Jawa mulai berdatangan memadati Pelabuhan Merak, Banten, untuk diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Dari pantauan Antara, ribuan pemudik pejalan kaki dan pengguna kendaraan pribadi sejak Sabtu malam hingga Minggu dinihari mulai berdatangan hingga terjadi penumpukan angkutan di kantong parkir dan lima dermaga.

Selain itu juga pemudik memadati di loket-loket Pelabuhan Merak.

Mereka para pemudik masih tetap berangkat malam hari, sehingga terjadi antrian panjang karena mereka datang secara bersamaan.

Meskipun peringatan imbauan sebaiknya pemudik yang hendak menuju Pulau Sumatera berangkat siang hari untuk mengatasi antrean tersebut.

"Kami lebih baik memilih perjalanan mudik pada malam hari karena cuaca dingin itu," kata Sudaryanto, seorang pemudik bertujuan Kotabumi, Lampung Utara di Pelabuhan Merak,Minggu.

Ia mengaku dirinya bersama anggota keluarganya naik angkutan umum dari Terminal Rambutan Jakarta pukul 01.00 WIB dan tiba di Pelabuhan Merak pukul 03.30 WIB.

Selama perjalanan menuju Pelabuhan Merak berjalan lancar dan tanpa antrian di Tol Merak-Jakarta.

Saat ini, kata dia, dirinya tinggal menunggu naik ke atas kapal untuk diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Kami berharap selama penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung sampai tujuan dengan selamat," katanya.

Begitu pula, Muhamad Soleh, pemudik pengguna kendaraan pribadi yang hendak tujuan Palembang mengaku dirinya lebih memilih mudik malam hari karena perjalanan di Pulau Sumatera pada siang.

Perjalanan siang hari itu menggunakan kendaraan pribadi lebih aman untuk menghindari kecelakaan juga kejahatan.

"Kami sampai saat ini masih tertahan di Pelabuhan Merak dan diharapkan pagi ini sudah bisa diseberangkan ke Pulau Sumatera," katanya.

Sementara itu, Yanto, petugas ASDP Merak mengatakan pihaknya bekerja keras untuk mengatur lalu lintas di dermaga agar pemudik pengguna kendaraan berjalan lancar.

"Saya kira meskipun kendaraan mengantre, tetapi kondisi Pelabuhan Merak berjalan lancar," katanya.(*)

Pewarta: Mansyur
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014