...terdiri atas 2.304 tempat duduk kelas bisnis dan 28.800 tempat duduk kelas ekonomi...
Pekanbaru (ANTARA News) - Garuda Indonesia Kantor Cabang Pekanbaru menyatakan telah menyiapkan sebanyak 31.104 kursi, terdiri dari kelas bisnis dan ekonomi, untuk mengangkut penumpang dengan rute Jakarta--Pekanbaru pergi pulang enam kali satu hari.

"Kami siapkan ada 31.104 kursi yang terdiri atas 2.304 tempat duduk kelas bisnis dan 28.800 tempat duduk kelas ekonomi," ujar Sales and Service Garuda Indonesia Kantor Cabang Pekanbaru, Susanna Saragih, di Pekanbaru, Ahad.

Menurutnya, sekitar 3.000 kursi lebih tersebut dipersiapkan pihaknya selama 16 hari terhitung mulai dari H-7 Lebaran atau 21 Juli 2014 sampai dengan H+7 Lebaran atau 5 Agustus 2014.

Seperti diketahui, pihaknya hanya memiliki satu rute yakni Jakarta--Pekanbaru pulang pergi sebanyak enam kali satu hari menyusul ditutupnya tiga rute penerbangan domestik lainnya seperti Pekanbaru--Medan yang dibuka terhitung pada 22 Juli 2013.

Kemudian rute Pekanbaru--Batam dan Pekanbaru--Padang yang diterbangi menggunakan pesawat jenis Bombardier dengan kapasitas 96 kursi. Namun sekitar Januari 2014 atau belum sampai satu tahun, maskapai tersebut resmi berhenti beroperasi karena menderita kerugian.

"Untuk lebaran tahun ini, operasinal Garuda Indonesia di Pekanbaru tidak ada melakukan penambah atau penerbangan ekstra baik dari Jakarta ke Pekanbaru atau sebaliknya dan maksimal hanya enam kali sehari," katanya.

Dalam pelaksanaan angkutan Lebaran, lanjut dia, pihaknya mengimbau kepada para calon penumpang maskapai itu untuk menggunakan fasilitas seperti "city check-in" di kantor penjualan Garuda Indonesia atau fasilitas "web check-in", demi menghindari antrean panjang di konter check-in bandara.

"Sehubungan dengan kemacetan lalu lintas yang sering terjadi ke arah bandara, jadi kami mengimbau penumpang untuk dapat berangkat lebih awal ke bandara, guna menghindari keterlambatan dan demi kenyamanan pengguna jasa," ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Riau Adizar sebelumnya menyatakan sebanyak delapan maskapai yang beroperasi di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru siap mengangkut para pemudik lebaran 2014 yang diperkirakan berjumlah 90.850 orang.

"Kami telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait terutama PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Internasional SSK II Pekanbaru dalam menyambut musim mudik Lebaran kali ini," katanya.

Pada tahun ini, lajutnya, masyarakat yang mengunakan jasa transportasi melalui udara diperkirakan membawa penumpang sekitar 90.850 orang atau meningkat 15,97 persen dibanding pada tahun 2013 hanya sebesar 79.721 orang.

"Itu berdasarkan perkiraan kami mulai H-7 atau 21 Juli 2014 sampai dengan H+7 atau 5 Agustus 2014 untuk kegiatan operasinal di Bandara Internasional SSK II Pekanbaru," ucapnya.
(M046)

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014