Kuala Lumpur (ANTARA News) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Andri Hadi, turut serta dalam konvoi bersama lebih dari 1.000 orang penggemar moge (motor gede) dan motor kecil di Singapura, Minggu.

Dubes Andri Hadi ikut dalam rangkaian kegiatan amal berupa penggalangan dana bagi masyarakat kedua negara yang kurang beruntung, demikian keterangan pers KBRI Singapura kepada Antara, Minggu.

Dalam kegiatan bertajuk "Hari Raya Charity Ride" tersebut, para bikers yang tergabung dalam Singapore Riders Aid berkonvoi menuju KBRI Singapura dan dipimpin Madam Halimah Yacob (Ketua Parlemen Singapura).

Madam Halimah Yacob yang juga merupakan Ketua Parlemen wanita pertama di Singapura menyampaikan kegiatan yang dilakukan Riders Aid ini tidak hanya memberi dan peduli kepada sesama warga Singapura, namun juga kepada bangsa-bangsa tetangganya seperti Indonesia.

Bahkan, menurut dia, kegiatan ini dapat meningkatkan hubungan masyarakat antar negara.

 "Hubungan antarmasyarakat ini adalah hubungan yang paling langgeng," ujarnya.

Duta Besar Andri Hadi menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kepedulian masyarakat Singapura terhadap masyarakat Indonesia.

Dubes mengatakan, kegiatan semacam ini merupakan bagian dari second track diplomacy dan dapat meningkatkan hubungan antarwarga antara Indonesia dan Singapura.

Kegiatan ini merupakan lintas agama dan ras, karena meski dilakukan pada bulan Ramadhan, namun para peserta yang hadir tidak hanya beragama Islam tetapi banyak juga yang non-Muslim.

"Hal ini menunjukkan eratnya hubungan antara masyarakat kedua negara dan kepedulian yang tinggi untuk membantu sesama meski berbeda kebangsaan dan kewarganegaraan," ujarnya.

Menurut Dubes RI Singapura, kegiatan yang diselenggarakan oleh Riders Aid tersebut juga sekaligus mempromosikan pariwisata Indonesia di antara para bikers karena kelompok-kelompok bikers memiliki program touring di berbagai negara termasuk di Indonesia.

Pewarta: N. Aulia Badar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014