Jakarta (ANTARA News) - Timnas Indonesia U-23 yang dipersiapkan untuk Asian Games 2014 mengalami kekalahan kedua setelah menyerah dua gol tanpa balas dari tuan rumah Lazio pada pertandingan ujicoba di Stadion Comunale, Auronzo di Cadore, Lazio, Italia, Minggu malam (20/17).

Peda pertandingan perdana saat menjalani tur Italia, anak asuh Aji Santoso ini juga mengalami kekalahan atas tim AS Roma. Saat menghadapi tim sekota dengan Lazio di Stadion Centro dItalia, Rieti, Timnas Garuda Muda dengan skor 1-3.

Berdasarkan data dari tim media PSSI, Timnas Garuda Muda bermain cukup tenang karena mampu meladeni permainan cepat tim tuan rumah meski akhirnya gawang Andritany Ardiyasa bisa kebobolan pada menit 15 lewat Bruno Pereirinha.

Gol pertama ini berbeda saat timnas menghadapi AS Roma. Saat itu anak asuh Aji Santoso itu sudah kebobolan pada menit kedelapan lewat Alessandro Florenzi.

Setelah tertinggal 0-1, Manahati Lestusen dan kawan-kawan kembali mencoba bermain dengan tenang. Hanya saja lawan terus memberikan tekanan sehingga pemain belakang timnas yaitu Victor Igbonefo melakukan pelanggaran dikotak terlarang terhadap Keita Balde Diao.

Keita Balde Diao yang ditunjuk sebagai algojo ternyata tidak mampu melaksanakan tugasnya dengan baik karena terdangannya mampu digagalkan oleh Andritany Ardiyasa. Kondisi ini membuat semangat timnas kembali menyalak.

Tekanan demi tekanan yang dilakukan pemain Lazio mampu dipupuskan. Bahkan beberapa kali serangan yang dibangun oleh Dedi Kusnandar dan kawan-kawan mampu merepotkan lawan. Hanya saja hingga babak pertama usai tidak ada tambahan gol.

Memasuki babak kedua, Timnas Garuda Muda tetap berusaha menyamakan kedudukan. Tekanan demi tekanan terus dilakukan meski sang lawan selalu mampu mengagalkan upaya yang dilakukan oleh tim yang dipersiapkan untuk Asian Games 2014 di Incheon Korea Selatan itu.

Bukan gol yang didapat oleh timnas, justru lawan mampu menggandakan kedudukan pada menit 65. Kini giliran Filip Djordjevic yang mampu memperdayai penjaga gawang Persija Jakarta itu setelah menuntaskan umpan Vinicius dari sisi kiri.

Tertinggal 0-2 tak menyurutkan mental Fandi Eko Utomo dan kawan-kawan. Meski lawan memiliki kemampuan lebih, upaya untuk memperkecil ketertinggalan terus dilakukan termasuk lewat pemain asal Persebaya itu. Hanya saja tendangan Fandi masih membentur mistar gawang Lazio.

Menjelang pertandingan usai timnas terus berusaha menekan. Hanya saja hingga pertandingan usai tidak ada gol yang tercipta. Dengan demikian timnas tetap tertinggal 0-2 dari tuan rumah Lazio.

Setelah melawan Lazio dan AS Roma, Timnas Garuda Muda dijadwalkan akan menghadapi tim asal Italia lainnya yaitu Cagliari, Rabu. (*)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014