Jakarta (ANTARA News) - Presiden Direktur PT Astra International Prijono Sugiarto mengatakan Antaranews CSR (Corporate Social Responsbility) Award 2014 adalah penghargaan penting karena akan memacu perusahaannya lebih giat melakukan tanggung jawab sosial.

"Bagi kami penghargaan Antaranews CSR akan memacu kami lebih giat melakukan tanggung jawab sosial," kata Prijono Sugiarto usai menghadiri Penganugerahan Antaranews CSR Award dan Peluncuran Desain Terbaru Antaranews.com, yang dihadiri Presiden dan Ibu Negara Ani Yudhoyono di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin.

Penghargaan tersebut, kata Prijono, sangat penting dan sejalan dengan cita-cita Astra untuk menyejahterakan bangsa Indonesia.

"Kami harus menjadi aset yang berguna bagi bangsa. Jadi, tanggung jawab sosial yang terbaik adalah tugas kami," kata Prijono yang menjabat Presiden Direktur Astra Internasional sejak 2010.

Prijono menambahkan Astra Internasional memiliki empat pilar CSR dalam SATU Indonesia (Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia) yang meliputi bidang pendidikan, lingkungan hidup, kesehatan, dan pengembangan usaha kecil dan menengah.

Ia mengatakan empat pilar tersebut merupakan pedoman tanggung jawab sosial Astra untuk sejahtera bersama bangsa Indonesia.

"Empat pilar itu pedoman kami terutama di sektor pendidikan," kata penyandang gelar Dipl. Ing bidang Teknik Otomotif University of A. Sc. Konstanz, Jerman itu.

Grup Astra bersama Yayasan Toyota & Astra sejak 1974 hingga 2013 telah memberikan 157.605 beasiswa berbakat serta berprestasi dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Sementara itu program pengembangan usaha kecil menengah (UKM) yang dibina oleh Yayasan Dharma Bhakti Astra telah memberdayakan 8.149 UKM.

Prijono mengatakan seluruh kegiatan Astra yang memiliki 182 anak perusahaan dan 198.863 karyawan sejalan dengan filosofi Astra yakni Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa. 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014