Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan pasokan sembako untuk wilayah Ibu Kota menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah dalam kondisi aman.

"Stok sembako menjelang Lebaran masih aman. Harga pangan terpantau masih stabil sehingga operasi pasar tidak perlu dilakukan," kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan DKI Joko Kundaryo di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin.

Meskipun demikian, pemerintah masih tetap menggelar pasar murah di lima wilayah Kota Jakarta selama bulan suci Ramadhan.

"Pasar murah tetap kami adakan di wilayah-wilayah sehingga masyarakat berpenghasilan rendah tetap dapat memperoleh bahan-bahan pangan dengan harga yang terjangkau," ujar Joko.

Sampai saat ini, pasokan bahan pangan ke wilayah Jakarta masih terus berdatangan, terlebih musim panen di daerah-daerah pemasok terjadi secara serentak.

"Selain itu, para distributor juga meningkatkan jumlah stok selama Ramadhan sekitar 30 sampai 40 persen mengingat beberapa hari menjelang Lebaran, angkutan, pengelola gudang dan pekerja sudah mulai libur," tutur Joko.

Dia mengungkapkan khusus untuk distribusi kebutuhan pangan di wilayah Kota Jakarta, pihaknya selalu berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan.

"Dan berdasarkan hasil pantauan kami bersama, stok pangan dan harga kebutuhan pangan di DKI Jakarta pun masih stabil sampai dengan saat ini," ungkap Joko.

Dia menambahkan stabilnya harga pangan ini karena ada perubahan pola belanja dari masyarakat sehingga stok pangan tetap terjaga dengan baik.

"Pola belanja masyarakat kali ini berubah. Mereka tidak lagi belanja secara borongan sehingga stoknya tetap tersedia," tambah Joko.



Pewarta: Rr Cornea Khairany
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014