Berlin (ANTARA News) - Dana Moneter Internasinal (IMF) pada Senin menaikkan proyeksi pertumbuhan Jerman, mengabaikan kekhawatiran perlambatan di ekonomi terbesar zona euro itu.

Jerman diperkirakan akan tumbuh sebesar 1,9 persen pada tahun ini, sebut lembaga yang berbasis di Washington, dalam laporan tahunan negara tersebut. Angka ini  meningkat dari perkiraan sebelumnya 1,7
persen.

Proyeksi ekononi Jerman cukup optimistis  karena sebelumnya terdapat data mengecewakan di negara yang menjadi penggerak utama Uni Eropa itu, termasuk produksi industri lemah dan angka kepercayaan investor.

Jerman telah terpukul sangat keras oleh krisis politik di Ukraina dan sanksi Uni Eropa terhadap Rusia, yang memasok sekitar 40 persen dari kebutuhan minyaknya.

Dalam menghadapi ketidakpastian tersebut, IMF mendesak Berlin untuk meningkatkan investasi publik guna meningkatkan pertumbuhan dan mendukung pertumbuhan yang lemah di seluruh blok zona euro.

IMF dalam sebuah pernyataannya "menekankan pentingnya kebijakan-kebijakan yang meningkatkan pertumbuhan, yang juga akan menghasilkan limpahan positif ke seluruh kawasan euro, mempertahankan peran ekonomi Jerman sebagai jangkar dari stabilitas kawasan", sebut AFP.

(A026)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014