New York (ANTARA News) - Saham-saham di Wall Street ditutup lebih rendah pada Senin (Selasa pagi WIB), karena kekhawatiran geopolitik membebani sentimen selama hari pertama perdagangan pekan yang sibuk dengan laporan laba perusahaan.

Pada saat bel penutupan, Dow Jones Industrial Average turun 47,07 poin (0,28 persen) menjadi 17.053,11, lapor AFP.

Indeks berbasis luas S&P 500 turun 4,49 poin (0,23 persen) menjadi 1.973,73, sedangkan indeks komposit teknologi Nasdaq turun 7,44 poin (0,17 persen) menjadi 4.424,70.

Ketiga indeks menguat signifikan dari penurunan pagi yang membawa S&P 500 ke serendah 1.965,77.

Negara-negara Barat telah meningkatkan tekanan mereka pada Rusia atas penembakan jatuh sebuah pesawat jet penumpang Malaysia di atas udara Ukraina timur yang dikuasai pemberontak, dengan AS mendesak Moskow dan pasukan pemberontak pro-Rusia untuk bekerja sama dengan penyelidikan internasional atas bencana tersebut.

Sementara itu, jumlah korban tewas terus meningkat di Gaza, di mana Israel telah melakukan serangan darat terhadap Hamas.

"Pasar tinggi dan sudah sangat kuat," kata Mace Blicksilver, Direktur Marblehead Asset Management. "Tetapi di sekitarnya juga ada banyak masalah."

Pasar sedang menunggu aliran berita laba utama, termasuk laporan pada Selasa pagi dari Coca-Cola, DuPont dan McDonald. Apple dan Microsoft akan mengumumkan perolehan laba mereka setelah pasar ditutup pada Selasa.


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014