Bandung (ANTARA News) - Enam hari jelang Idul Fitri 1435 Hijriyah arus lalu lintas di pintu keluar tol Cileunyi mengarah jalur selatan Nagreg mulai padat.

"Arus lalu lintas di gerbang tol Cileunyi dari Cikopo mengarah jalur selatan Nagreg masih H-6 Lebaran 2014 mulai padat akibat pengalihan dari Pantura," kata Rahman salah seorang petugas Pam Lebaran di gerbang tol Cileunyi, Selasa.

Ia menuturkan, arus lalu lintas meningkat jelang malam hari didominasi oleh truk ekpedisi yang diperkirakan mengarah Jawa Tengah, dari Cikopo akibat adanya pengalihan kendaraan bermuatan berat.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Bandung AKP Eko menuturkan, terjadi peningkatan arus mudik memasuki H-6 lebara, sehingga rekayasa lalu lintas terus diupayakan.

Dikatakannya, arus lalu lintas padat di tol Cileunyi dampak pengalihan kendaraan bermuatan lebih dari 10 ton, karena jembatan Comal dalam tahap perbaikan.

Sementara itu pihak kepolisian memastikan H-4 Lebaran arus mudik dari Pantura akan dialihkan melalui jalur Selatan Cikopo-Cileunyi-Nagreg menghindari kepadatan di Pamanukan, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Kapolri Jenderal Sutarman kepada wartawan di Bandung, Senin, mengatakan memasuki H-4 arus mudik akan dialihkan melalui jalur Selatan Nagreg, untuk menghindari kepadatan kendaraan di Pamanukan Kabupaten Subang.

Pengalihan arus mudik akan terus diupayaka, kata dia, supaya tidak terjadi penumpukan di jalur utara melalui Cikampek-Subang-Indramayu-Cirebon hingga perbatasan Jawa Tengah, selain itu jembatan Comal dalam tahap perbaikan.

Jembatan Comal akan selesai sekitar dua hari, tapi untuk kendaraan angkutan barang yang bermuatan berat di atas 10 ton, tetap mengarah Nagreg tembus Tasikmalaya menuju Jawa Tengah sehingga beban jalur utara berkurang.

Pewarta: Enjang Solihin
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014