Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron memastikan persediaan kebutuhan pangan menghadapi dan pasca Idul Fitri 1435 H aman dan cukup, harganya juga terjangkau.

Penegasan itu dikatakan Herman usai melakukan sidak ke pasar-pasar di seperti Food Stasion Cipinang Jakarta, Pasar Johar Karawang, dan Pasar Caringin Bandung.

"Hingga saat ini masih aman kebutuhan pasokan. Sesuai dengan UU Pangan No 18 tahun 2012 bahwa Pemerintah dan Pemerintah daerah wajib menjaga ketahanan pangannya, dan pangan sebagai hak azasi manusia harus tersedia dan terjangkau oleh masyarakat," kata Herman Khaeron, Jakarta, Selasa.

Ia menyebutkan, pasokan beras cukup terkendali dan sangat cukup tersedia sehingga ada penurunan harga. Begitu juga dengan harga produk hortikultura dan produk perikanan yang cenderung stabil.

"Yang ada kenaikan harga daging sapi dan ayam. Kenaikan itupun karena momentum lebaran, karena stock cukup," ujar Ketua Departemen Pertanian DPP Partai Demokrat ini.

Justru ia mengkhawatirkan keamanan bahan pangan dan makanan yang mengandung formalin.

"Banyak jenis pangan olahan yang menggunakan formalin, borak dan pewarna tekstil. Atas temuan ini kami meminta kepada pemerintah untuk mensosialisasikan UU Pangan terkait dengan keamanan pangan. Harus ada pembinaan dan penyadaran yang masif terhadap produsen yg masih menggunakan bahan membayakan kesehatan," kata Herman.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014