Madrid (ANTARA News) - Real Madrid pada Selasa menyepakati kontrak dengan penyerang Kolombia James Rodriguez, yang menjadi pencetak gol terbanyak Piala Dunia, dari Monaco untuk kurun waktu enam musim.

Kedua klub tidak bersedia menyebutkan nilai transfer pemain itu, namun kalangan media massa Spanyol menyatakan harga pemain tersebut antara 75 juta hingga 80 juta Euro. Rodriguez (23) membukukan enam gol untuk Kolombia dan berhasil meraih penghargaan Sepatu Emas Piala Dunia.

Pemain berusia 23 tahun itu akan hadir di Stadion Real Madrid Santiago Bernabeu pada pukul 08:00 waktu setempat (18.00 GMT), demikian pernyataan klub.

Secara singkat sebelum pengumuman, Rodriguez mengambil gambar dan mengacungkan jempolnya seusai meninggalkan klinik kesehatan Madrid dimana ia menjalani tes kesehatan.

"Saya sangat senang. Kami akan berbicara nanti," ujarnya kepada wartawan.

Sebelumnya ia bermain untuk Monaco selama satu tahun tetapi penampilan cemerlangnya di Piala Dunia membuat dia menjadi incaran utama klub-klub Eropa.

Dalam jajak pendapat di laman FIFA.com yang dipublikasi Senin, tendangan volinya saat melawan Uruguay pada babak 16 besar dinyatakan sebagai gol terbaik turnamen oleh lebih dari empat juta suara -- tiga perempat dari responden yang memilih.

Dengan gol tersebut akhirnya menjadikan pemain itu sebagai pengatur serangan dengan reputasi dunia, di mana Monaco telah mengeluarkan biaya 45 juta Euro ketika didatangkan dari FC Porto di Portugal, demikian AFP.

(D011/I015)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014