Alhamdulillah, hingga pascapenetapan hasil Pilpres 2014 oleh KPU, situasi di wilayah kita cukup kondusif."
Surabaya (ANTARA News) - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Unggung Cahyono menegaskan bahwa situasi di wilayah hukum setempat cukup kondusif pada saat penetapan suara hasil Pilpres 2014 oleh KPU di Jakarta, Selasa (22/7).

"Alhamdulillah, hingga pascapenetapan hasil Pilpres 2014 oleh KPU, situasi di wilayah kita cukup kondusif," katanya saat melakukan kontrol sistem pengamanan kota (sispamkota) di Surabaya, Selasa malam.

Sispamkota dalam rangka antisipasi keamanan pascapenetapan penghitungan suara Pilpres 2014 itu dilakukan Kapolda Jatim dan rombongan ke beberapa pos pengamanan (pospam).

Pospam yang dikontrol orang nomor satu di Polda Jatim itu antara lain Pospam Bundaran Waru, Kebun Binatang Surabaya (KBS), Taman Bungkul, Tugu Pahlawan, Gedung Negara Grahadi, dan seputar Kota Surabaya.

"Saya sempat memantau situasi di Madura, ternyata aman," kata jenderal berbintang dua yang sempat memantau secara langsung pelaksanaan hitung ulang pada delapan TPS di Kabupaten Sampang (22/7).

Didampingi Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Awi Setiyono, ia mengatakan pihaknya juga melakukan antisipasi dengan menempatkan dua satuan setingkat peleton (SST) di Surabaya.

"Kami juga menempatkan dua kompi personel Polda Jatim, yakni satu kompi personel Brimob dan satu kompi personel Sabhara, di KPU Provinsi," katanya.

Polda Jatim sendiri sudah menyiapkan 1.116 personel untuk mendukung pengamanan yang dilakukan Polrestabes Surabaya guna mengantisipasi unjuk rasa saat rekapitulasi nasional penghitungan surat suara.

"Personel itu meliputi pasukan anti-huru hara dan tim anti-anarkis. Tim anti-anarkis dilengkapi dengan amunisi hampa, karet dan tajam. Itu pun, titik yang boleh ditembak adalah paha ke bawah," katanya.

Untuk pasukan anti-huru hara (PHH), mereka bergerak berdasarkan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian, yaitu Gas Air Mata, Security Barier, dan Water Cannon.

Dalam pengumumannya, KPU Pusat mencatat suara untuk Capres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memperoleh 62.576.444 suara atau 46,85 persen, sedangkan Joko Widodo-Jusuf Kalla mendapatkan 70.997.833 suara atau 53,15 persen.  (E011/T007)

Pewarta: Edy M Ya`kub
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014