Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Jepang memberikan ucapan selamat atas terpilihnya pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Jepang juga mengapresiasi tinggi kelancaran Pemilu 2014 setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil perhitungan suara pilpres di Jakarta Selasa malam.

Pemerintah Jepang menyebut Indonesia sahabat baik dan mitra strategis yang penting bagi mereka, dan berharap ucapan selamat ini sebagai salah satu bentuk usaha memperkuat hubungan kedua negara, demikian siaran pers Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Rabu.

Pemerintah Jepang menambahkan, mereka telah membangun hubungan baik dengan pemerintahan yang sebelumnya dan mereka ingin tetap membina hubungan kerjasama dengan Indonesia sehingga mereka juga ingin membangun kedekatan dengan pemerintahan baru Indonesia.

Sebelumnya Perdana Menteri Malaysia Najib Razak juga telah menyampaikan ucapan selamatnya kepada Joko Widodo dan Jusuf Kalla serta mengharapkan hubungan baik antara Malaysia dan Indonesia dapat ditingkatkan pada masa mendatang.

KPU telah menyelesaikan rekapitulasi perhitungan perolehan suara pada 22 Juli 2014 dan menetapkan Jokowi-JK unggul 53,15 persen atau 70.997.883 suara dibandingkan Prabowo-Hatta yang meraih 46,85 persen atau 62.576.444 suara.







Pewarta: Arnaz/Candra dan Devianti
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014