Lonjakan penumpang akan sangat terlihat mulai tiga hari jelang Lebaran karena warga sudah mulai libur kerja
Tangerang (ANTARA News) - Sejumlah maskapai penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, menyiapkan tambahan pesawat sebagai cadangan selama arus mudik Lebaran 2014, guna mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang.

Direktur Airport Operation and Services Lion Air, Daniel Putut yang dihubungi Rabu, membenarkan bahwa penambahan dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang.

Ia mengatakan, pada hari biasa, Lion hanya menyiapkan 200 jadwal penerbangan. Namun, kali ini ditambah 30 jadwal penerbangan.

"Penambahan jadwal penerbangan sudah dilakukan sejak sepekan lalu karena arus mudik sudah mengalami peningkatan," katanya.

Adapun daerah yang menjadi tujuan pemudik yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera. "Memang belum terlalu signifikan peningkatannya saat ini," katanya.

Dalam sehari Lion Air melayani 40 ribu penumpang. Tetapi saat mudik Lebaran diperkirakan bisa mencapai 60 ribu penumpang dalam sehari.

"Lonjakan penumpang akan sangat terlihat mulai tiga hari jelang Lebaran karena warga sudah mulai libur kerja," katanya.

Humas Garuda Indonesia, Iksan Rosan, mengatakan menyiapkan sekitar 90 hingga 115 pesawat untuk mengangkut pemudik.

Sejak sepekan jelang Lebaran, Garuda pun telah menambah sekitar 19 ribu kursi untuk menambah fasilitas pemudik.

Adapun lonjakan penumpang diperkirakan akan terjadi pada dua hari jelang Lebaran dengan kenaikan antara 15 hingga 20 persen. "Mulai kini sudah terlihat lonjakan penumpang," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014