Kalau tidak ada hambatan pada uji coba besok maka Jembatan Comal akan langsung dibuka untuk kendaraan kecil pada hari itu juga, tapi tetap dilihat dulu kondisi fondasinya siap atau tidak,"
Semarang (ANTARA News) - Kepala Bidang Bina Teknik Dinas Bina Marga Jawa Tengah, Hanung Triyono memastikan bahwa Jembatan Comal akan diuji coba pada Kamis (24/7) setelah seluruh proses perbaikan selesai dilakukan.

"Kalau tidak ada hambatan pada uji coba besok maka Jembatan Comal akan langsung dibuka untuk kendaraan kecil pada hari itu juga, tapi tetap dilihat dulu kondisi fondasinya siap atau tidak," katanya di Semarang, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa saat ini pihaknya tinggal memasang agregat kelas A sebelum dilakukan proses pengaspalan pada bagian yang telah diperbaiki.

"Jika tidak ada hujan maka pengaspalan dilakukan hari ini hingga malam nanti sehingga dapat segera dioperasikan," ujarnya.

Hanung mengaku belum mengetahui apakah setelah dioperasikan nanti, lalu lintas yang melalui Jembatan Comal akan dibuka untuk satu atau dua arah karena hal itu tergantung pada jumlah kendaraan yang melintas.

"Kalau arus lalu lintasnya lengang maka bisa dibuka untuk dua arah, tapi kami memprediksi hanya dibuka satu arah yakni dari barat ke timur, sedangkan kendaraan dari arah timur ke barat diimbau melewati jalur alternatif," katanya.

Arus lalu lintas di jalur pantura terutama pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2014 dikhawatirkan terganggu akibat amblesnya "oprit" atau sambungan aspal dan jembatan di sebelah barat Jembatan Comal pada dua sisi sedalam 20 centimeter.

Kerusakan Jembatan Comal tersebut diperkirakan karena pengaruh banjir bandang pada Februari 2014 sehingga beton penyangga di bagian bawah longsor dan terjadi pergerakan tanah secara perlahan.

Perbaikan secara permanen pada bagian jembatan yang rusak itu tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat karena harus membongkar fondasi bagian bawah yang memerlukan waktu cukup lama.

(KR-WSN/H015)

Pewarta: Wisnu Adhi N.
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014